Minggu, 15 Juni 2014

Jokowi: Capres Harus Tahu Istilah Pemerintahan

Calon presiden Joko Widodo mengutarakan calon pemimpin Negara harus mengetahui berbagai istilah pemerintahan seperti TPID atau Tim Pengendali Inflasi Daerah, katanya usai Debat Capres di Hotel Gran Melia Jakarta, Minggu malam (15/6/2014).
"Kita ini kan mau megang pemerintahan, istilah-istilah pemerintahan harus ngerti `dong`; DAU, DAK, TPID; itu harus tahu," kata Jokowi.
Menurut Gubernur Non-aktif DKI Jakarta itu, singkatan TPID bukanlah hal asing apalagi bagi seorang calon presiden yang akan memimpin bangsa Indonesia.
Oleh karena itu, dia merasa pertanyaan yang dilontarkan kepada capres Prabowo Subianto pada saat debat berlangsung bukanlah suatu jebakan untuk menjatuhkan Prabowo.
Pada saat debat capres Minggu malam, Jokowi menanyakan pendapat Prabowo mengenai bagaimana meningkatkan peran TPID.
Pertanyaan itu ditimpali oleh Prabowo dengan, "Apa yang dimaksud dengan TPID, Pak Jokowi? Saya tidak terlalu menguasai singkatan."
Setelah dijelaskan oleh Jokowi tentang kepanjangan TPID, Prabowo berpendapat peningkatan peran Tim tersebut sepenuhnya berada di tangan kepala daerah.
"Kalau itu fungsi dari pemerintahan, itu adalah tugas seorang kepala daerah untuk meningkatkan peran (TPID) itu. Itu kan tim pengendalian, kalau ditingkatkan perannya ya (menjadi) fungsi kepala daerah masing-masing," jelas Prabowo.
Debat kedua antar-capres Minggu malam dipandu oleh moderator dari Universitas Brawijaya Malang, Ahmad Erani Yustika, dengan mengambil tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat.  [antara]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar