Minggu, 15 Juni 2014

Debat Capres, Jokowi Jadi Trending Topic Dunia

Pendiri lembaga pemantau jejaring sosial PoliticaWave, Yose Rizal, menyebutkan netizen sangat aktif mengomentari debat calon presiden yang digelar di Hotel Gran Melia, Minggu, 15 Juni 2014. Joko Widodo kembali menjadi trending topic dunia setelah sebelumnya juga menjadi trending topic dalam debat pertama calon presiden yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.
Yose mengatakan hashtag terkait dengan debat yang menjadi trending topic world wide di antaranya Kok 2, 40 T, PPID, Tanpa Prabowo Indonesia Damai, Pak Prabowo, Saya Gubernur Pertama, Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Jokowi Pamer Kartu Indonesia Pintar, NoDrop, Kehendak Rakyat, UU Desa, #PrestasiPalsu, #DebatCapres2, dan #Nomor1DukungNomor2. "Debat kandidat capres mencuri perhatian dunia maya," ujarnya
Dia mengatakan bahwa kubu calon presiden nomor urut satu, Prabowo, muncul antara lain dengan hashtag #1UntukSemua dan #PrabowoHattaGol. Sedangkan untuk Jokowi seperti #Salam2Jari, #PresidenNomor2, dan #JokowiTelahBekerja.
"Hashtag percakapan terbesar mengenai dukungan terhadap Jokowi adalah #Salam2Jari sebesar 47.391 percakapan. Sayangnya, tak jadi trending topic world wide," ujarnya melalui pesan elektronik, Senin, 16 Juni 2014.
Hasil tersebut, ujar dia, disimpulkan berdasarkan pantauan Politicawave selama debat kedua capres pada pukul 20.00-22-00. Sedangkan percakapan terbanyak untuk Prabowo mengenai #1UntukSemua mendapatkan 33.875 percakapan.
KPU menyelenggarakan lima kali acara debat kandidat calon presiden dan wakil presiden. Debat kedua digelar di Hotel Gran Melia pada Minggu, 15 Juni 2014, mulai pukul 20.00 WIB dan berlangsung selama dua jam. "Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial" menjadi tema dalam debat kali ini. Debat capres kali ini terdiri dari enam sesi. Pada sesi pertama, kedua kandidat akan menyampaikan visi dan misi dalam waktu 4,5 menit dan didahului capres nomor urut dua.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar