Senin, 07 April 2014

STAIN: Jokowi Bukan Tandingan Mahfud MD

Center for Survey Research and Data Analysis STAIN Salatiga merilis hasil survei tentang capres dan cawapres pilihan para santri. Mahfud MD menempati urutan pertama dengan elektabilitas 10,9 % mengalahkan Jokowi yang ada diurutan ke dua dengan raihan 10,2%.
Survei dilaksanakan Januari sampai Februari 2014 di pulau Jawa dengan margin error 2.5%. Responden berjumlah 583 orang yang merupakan para santri, kyai dan ustadz di pondok pesantren di Jawa yang dipilih secara acak.
Pengamat politik Islam dan dosen komunikasi poltik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Gun Gun Heryanto, mengatakan survei ini dilakukan untuk mengetahui segmentasi dari kaum santri terhadap politik. Khususnya dalam memilih presiden dan wakil presiden dengan scientific dan mengikuti dinamika politik yang ada.
"Para santri menjadi basis yang lumayan besar dan signifikan sebagai pemilih, terutama di Jawa sehingga suara dari santri juga turut menjadi suara yang signifikan dalam pilihan nanti," ucap Gun Gun dalam acara 'Diskusi Publik Capres Cawapres Pilihan Santri' yang diadakan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan Pesantren Indonesia (LP3I) di Hotel Acacia, Jl Kramat Raya, Jakarta, Senin (7/4/2014).
Selain Mahfud MD dan Jokowi, sejumlah nama juga masuk dalam capres pilihan santri. Diurutan ke tiga ada Dahlan Iskan (4,1%), disusul raja dangdut Rhoma Irama dengan 2,7%.
Kemudian diikuti, Suryadharma Ali, ARB dan Prabowo yang mendapatkan persentase sama yakni 1,2%. Selanjutnya ditempati Wiranto (0,7%), Megawati (0,5%), Hatta Rajasa (0,4%), Anis Matta (0,4%), Surya Paloh (0,2%), Golput (1,6%), lainnya (3,7%) dan angka terbesar ada pada swing voter (61%).
Dua urutan teratas dijadikan simulasi nama yang dijadikan capres, kemudian dipasangkan dengan nama lain sebagai cawapresnya. Jika Jokowi capres maka nilai korelasi atau kecocokan Mahfud MD sebagai cawapres mencapai 0.38. Nilai korelasi ini 0-1, semakin mendekati angka satu maka semakin tinggi nilainya. Jokowi berpasangan dengan Prabowo, nilai korelasi mencapai 0.379. Jokowi dengan Dahlan Iskan 0.354, Jokowi-Hatta Rajasa 0.345, Jokowi-Suryadharma Ali 0.317, Jokowi-Aburizal Bakrie 0.205.
Skenario ke dua jika Mahfud MD jadi capresnya,nama-nama berikut sebagai cawapres. Nilai korelasinya Suryadharma Ali menempati urutan pertama dengan nilai 0.522, disusul Mahfud- Dahlan Iskan 0.391, Mahfud-Jokowi 0.382, Mahfud-Prabowo 0.371, Mahud-Hatta 0.292 dan Mahud-Aburizal Bakrie 0.281.
Selain itu dilakukan juga survei referensi pilihan para santri. Sebanyak 28% memilih bersadarkan pilihan sendiri dan 72% memilih berdasarkan rujukan dari kyai.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar