Senin, 07 April 2014

Prediksi Koalisi: Front Banteng vs Kloter Garuda

Sejumlah pihak mulai memprediksi jalinan koalisi capres pasca Pileg 2014. Ketua Pendiri Institut Kepresidenan Indonesia yang juga komite konvensi capres PD, Christianto Wibisono, berharap hanya ada dua kubu yang bertarung secara fair.
"Untuk menyelamatkan sistem presidensial tanpa harus kembali ke otoriter totaliter maka dengan kondisi objektif 2014 ini elite Indonesia harus memimpin bangsa ini dengan memberdayakan sistem kepresidenan dwipartai," kata Christianto Wibisono dalam siaran pers, Senin (7/4/2014).
Dia pun memetakan gambaran gabungan koalisi dwipartai yang dimaksudnya bakal berlaga di Pilpres 2014. Prabowo Subianto dan Joko Widodo sebagai capres yang akan didukung koalisi tersebut.
"Capres Jokowi memimpin Front Banteng Nasional dengan koalisi partai nomor urut 1-7-8-4-5-2-15 (NasDem, PD, PAN, PDIP, Golkar, PKB, dan PKPI) yang bisa menjamin integrasi pileg dan pilpres 2 kali saja. Front ini gampang diingat yaitu hari proklamasi dan angka 2 sebagai front koalisi pendukung Jokowi," paparnya.
"Capres Prabowo memimpin Kelompok Terbang (Kloter) Garuda yaitu partai no 3-6-9-10-14 (PKS, Gerindra, PPP, Hanura, dan PBB)," imbuh Christianto.
Namun keduanya harus ber-gentleman agreement di depan KPU disaksikan oleh seluruh media di Indonesia siap menang atau kalah. Yang menang harus magnanimous bukan winner take all mengeliminasi yang kalah tapi membiarkan yang kalah menjadi oposisi untuk bertanding 5 tahun lagi.
"Dengan sistem ini rakyat dijamin tidak akan diadu domba atau dikorbankan seperti konflik politik masa lalu yang penuh dendam kesumat dan angkara murka serta moral daulat culik," pungkasnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar