Selasa, 01 April 2014

Jokowi akan Tinjau Pabrik Metro Kapsul di Subang Besok

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi pabrik Metro Kapsul di Subang Jawa Barat, besok. Metro Kapsul menjadi fenomenal sebagai alternatif transportasi massal selain monorel di Jakarta.
Jokowi dijadwalkan berangkat dari kantornya di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta untuk melihat wujud purwarupa atau prototype moda transportasi modern rancangan putra-putri Indonesia tersebut.
"Besok Pak Jokowi berangkat dari Balai Kota jam 12 siang menuju Subang," kata Komisaris PT Perkakas Rekadaya Nusantara, Djoni Rosadi kepada detikFinance Selasa (1/4/2014).
Transportasi Metro Kapsul rencananya dikembangkan untuk melayani rute Senayan di Jakarta menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Konsep Metro Kapsul sangat cocok untuk mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan yang terjadi di kota-kota besar di Pulau Jawa termasuk Jakarta.
Disebutkan Djoni, konsep Metro Kapsul merupakan moda transportasi yang mampu membawa penumpang dalam jumlah banyak namun biaya pengembangan lebih murah daripada MRT dan monorel. Untuk setiap Km, proyek Metro Kapsul memerlukan dana senilai Rp 114 miliar.
"Monorail butuh dana Rp 300 miliar per km, MRT perlu Rp 500 miliar sampai Rp 1 triliun per. Kita bisa Rp 114 miliar," sebutnya.
Konsep Metro Kapsul, diakuinya mirip dengan mobil yang berjalan otomatis dan tidak dilengkapi pengemudi. Moda ini dibangun pada jalur layang (elevated).
"Ini seperti metro mini diangkat ke atas, nggak ada supir. Ini mobil pinter. Dia bisa jalan sendiri dengan dikendalikan dari pusat kontrol,"
sebutnya.
Djoni menjelaskan konsep Metro Kapsul ini mengadopsi berbagai moda transportasi yang di belahan dunia.
"Kita melihat transportasi umum di dunia. Dari negara ini mana yang bagusnya, kita adopsi karena negara kita butuh moda yang handal dan
murah," terangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar