Selasa, 01 April 2014

Jokowi "Cueki" Pendemo dari HMI

Dua kelompok massa berunjuk rasa di Balaikota, Jakarta, Selasa (1/4/2014) pagi. Kelompok yang pertama adalah Aliansi Warga Jakarta, pihak yang mendukung pencalonan Jokowi menjadi presiden. Kelompok kedua ialah dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang menuntut Jokowi untuk bertanggung jawab terkait kasus korupsi pengadaan ratusan bus transjakarta dan bus kota terintegrasi bus transjakarta (BKTB).
Jokowi yang keluar dari Balaikota kemudian mendatangi Aliansi Warga Jakarta yang mendukungnya. Bahkan, Jokowi menyalami mereka. Sementara, kelompok yang menuntutnya bertanggung jawab atas korupsi pengadaan bus dicueki.
Pantauan Kompas.com, kedua kelompok massa tersebut berunjuk rasa di Balaikota sejak pukul 11.00. Aliansi Warga Jakarta berunjuk rasa di pagar persis di depan kantor Jokowi, sementara masa dari HMI berunjuk rasa di pagar Gedung Blok G. Gara-gara unjuk rasa itu, kendaraan tidak dapat masuk Balaikota.
Massa pendukung Jokowi diperkenankan masuk ke Balaikota, sedangkan kelompok HMI tidak.
Di teras Balaikota, perwakilan masa pendukung memberi tiket kereta api raksasa kepada sang Gubernur. Tiket itu adalah simbolisasi restu warga DKI Jakarta atas pencapresan Jokowi. Seusai bertemu masa pendukung, Jokowi berniat menemui kedua kelompok massa.
"Mana yang demo, sini saya temuin semua," ujar Jokowi.
Jokowi kemudian berjalan ke massa pendukung. Meski dihalangi pagar, Jokowi sedikit memanjat pagar hingga dia bisa bersalaman dengan para pendukungnya.
Sekitar lima menit bersalam-salaman, Jokowi turun dari pagar. Dia bertanya kepada pengawalnya di mana kelompok pengunjuk rasa lainnya. Entah apa bisik-bisik Jokowi dengan pengawalnya, langkah Joko Widodo tiba-tiba berubah dari ke arah massa HMI menuju ke Balaikota. Jokowi tak mengatakan alasan mengapa ia tidak bertemu dengan massa HMI.
Kelompok pendukung diketahui langsung bubar seusai disalami Jokowi, sekitar pukul 12.15 WIB. Sementara massa HMI masih terus berunjuk rasa hingga pukul 12.30 WIB.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar