Minggu, 30 Maret 2014

PAN Optimistis Koalisi dengan PDIP Bakal Terealisasi

Partai Amanat Nasional (PAN) disebut sebagai salah satu partai yang mendekati PDI Perjuangan yang sudah menetapkan Joko Widodo sebagai calon presiden untuk berkoalisi di pemilu presiden (pilpres) Juli nanti. Meski PAN dan tawaran koalisinya masih dikaji, namun partai pimpinan Hatta Rajasa itu semakin percaya diri bahwa koalisi dengan PDIP  bakal terealisasi.
Menurut Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan, partainya memang terus menjalin komunikasi dengan PDIP untuk bisa bekerjasama di pilpres. Bahkan, katanya, progres dari komunikasi politik antara PAN dan PDIP itu semakin positif. "Kami optimistis koalisi itu (koalisi PAN dan PDIP, red) akan terjadi," katanya di Jakarta, Minggu (30/3/2014).
Bara lantas membeber sejumlah kesamaan antara PAN dan PDIP. Menurutnya, PAN dan PDIP sama-sama partai nasionalis yang terbuka. Dari sisi ideologi nasionalis, baik PAN maupun PDIP sama-sama menjunjung tinggi kemajemukan. Sebagai partai terbuka, ucap Bara, maka kemajemukan di dalamnya itu bisa memperkuat rasa kebangsaan.
Titik temu itu pula yang membuat PAN yakin bisa berkoalisi dengan PDIP.  "Kami merasa sangat ," sambungnya.
Selain itu, katanya, Hatta Rajasa secara personal juga membina hubungan baik dengan para figur penting di PDIP. Sebut saja Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, mendiang Taufiq Kiemas, maupun Pramono Anung Wibowo. "Jadi  hubungan itu memang sudah sejak lama terjalin," imbuh Bara.
Caleg PAN dari daerah pemilihan Sulawesi Utara itu pun koalisi dengan PDIP bukan sekadar untuk pilpres. Lebih dari itu, PAN ingin koalisi pasca-pilpres juga terjaga. "Jadi kami  sama-sama bicara soal bagaimana memandang Indonesia ke depan," kata Bara
Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa dirinya sudah bertemu dengan tim dari Hatta Rajasa untuk menjajaki koalisi di pilpres nanti. Hanya saja, kata Tjahjo, sampai saat ini PDIP belum memutuskannya, termasuk soal calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo.

Sumber :
jpnn.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar