Minggu, 30 Maret 2014

Kampanye Terbuka Jokowi di Kalsel

Selain blusukan ke pasar tradisonal, ponpes, dan permukiman, Joko Widodo ternyata juga jadi jurkam di Kalimantan Selatan. Ia berorasi sebentar. Di lain pihak, simpatisan membagi-bagikan surat perintah harian tulisan tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri.
Surat ini disebarkan kepada sedikitnya 2.000 simpatisan dan kader di lokasi kampanye di Lapangan Haidak, Jl RO Ulin, Banjarbaru, Kalsel, Minggu (30/3/2014). Isi selebaran adalah perintah memenangkan Jokowi sebagai presiden pada pilpres 2014 ini.
"Kami dibagikan foto kopian tulisan tangan isinya surat perintah harian. Ada sekitar 2.000 simpatisan dan kader berkumpul di lapangan yang berada di tengah lokasi padat penduduk itu," ujar salah satu warga bernama Andre Sukmayasa kepada detikcom, Minggu (30/3/2014).
Surat perintah harian ini dibacakan oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo yang menemani kampanye Jokowi di Kalsel. Tak lama kemudian, Jokowi meninggalkan lokasi kampanye.
"Sekitar pukul 11.00 WITA, beliau tiba. Warga sekitar pada datang, bahkan ketika beliau turun dari panggung itu sangat sulit, karena warga dan simpatisan berebut untuk salaman," ujar Andre yang menyaksikan peristiwa itu.
Saat Jokowi hendak menaiki mobil Innova warna abu-abu, menurut Andre, warga masih menyemut. Hingga untuk buka pintu mobil saja sulit dilakukan mantan walikota Solo ini. Ketika sudah masuk ke dalam mobil dan hendak meninggalkan lokasi, warga masih berebut salaman dan foto bersama karena Jokowi membuka kaca pintu mobilnya.
"Ini dadakan, memang tidak selalu direncanakan. Awalnya dijadwalkan beliau kampanye di Lapangan Murjani, persis di depan kantor walikota Banjarbaru, tapi karena alasan lalu lintas dipindah ke lokasi padat penduduk ini," ujar Andre.
Dalam orasinya, Jokowi meminta simpatisan dan kader mengawasi proses pemungutan suara pada 9 April nanti agar tak jadi kecurangan. Ia juga menyatakan sudah 10 tahun PDIP menjadi oposisi, dan tahun ini menjadi kesempatan partai berlambang banteng moncong putih itu berkuasa.
"Perjalanan pulang, kaca tidak ditutup, jalannya pelan-pelan sampai sulit berjalan. Tapi warga terus mengambil foto walau mobil sudah berjalan pelan-pelan. Untuk warga Kalsel memang sudah sangat mengenal Jokowi," kata Andre mengakhiri pernyataannya.
Sebelumnya, Jokowi diperkirakan tiba pada pagi hari waktu Indonesia Tengah di Bandara Syamsuddin Noor Kalsel. Ia langsung blusukan di Pasar Ulin Raya, Kalsel. Setelah itu, ia mengunjungi Ponpes Darussalam di Martapura, sebelum akhirnya berkampanye di Banjarbaru.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar