Minggu, 16 Maret 2014

Di Gedung Pancasila, Jokowi Kenang Pidato Legendaris Soekarno

Seusai menyambangi Gedung Sumpah Pemuda, calon presiden PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) singgah di Gedung Pancasila, Pejambon, Jakarta Pusat. Dulu Gedung ini adalah gedung parlemen saat Indonesia baru merdeka. Kini gedung ini digunakan sebagai kantor Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.
Di tempat bersejarah ini Jokowi membacakan teks Pancasila. Dia mengenang saat Soekarno membacakan pidato bersejarah tanggal 1 Juni 1945 di depan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). Pidato ini kelak dikenal dengan nama Pidato Pancasila.
Soekarno berpidato tanpa teks. Dia menyampaikan gagasan soal Pancasila sebagai suatu dasar negara. BPUPKI menerima pidato Soekarno ini secara aklamasi.
"Merdeka, merdeka, merdeka. Di sinilah Bung karno membacakan pidato Pancasila," ujar Jokowi di depan pagar gedung Pancasila, Minggu (16/3/2014).
Kampanye rapat umum pemilihan legislatif PDIP akan mengambil rute Gedung Budi Utomo, Gedung Sumpah Pemuda, Gedung BPUPKI, Gedung Pola, dan berakhir di Gedung Cendrawasih, Jakarta Barat.
Sementara itu, SekJen PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan dalam kampanye ini, Jokowi ingin mengunjungi tempat-tempat bersejarah.
"Beliau ingin mengunjungi tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah," ujar Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar