Minggu, 16 Maret 2014

Di Depan Kemlu, Jokowi Teriakkan Pancasila

Rangkaian kegiatan Joko Widodo (Jokowi) sebagai juru kampanye dan calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan mendatangi berbagai tempat-tempat bersejarah terus berlanjut.
Setelah mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional atau Gedung Budi Utomo dan Museum Sumpah Pemuda, rombongan Jokowi mendatangi Gedung Pancasila.
Di depan Gedung Pancasila yang berada di area Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambon, Jakarta Pusat, Jokowi, sapaan Joko Widodo meneriakkan teks Pancasila.
"Satu, Ketuhanan yang Maha Esa. Dua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Tiga, Persatuan Indonesia. Empat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, Lima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Jokowi yang diikuti seluruh kader dan simpatisan PDIP.
Sebelum Jokowi membacakan Pancasila, Wakil Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristiyanto menjelaskan, di Gedung Pancasila, rapat-rapat persiapan kemerdekaan Indonesia dilakukan. Di gedung itu pula, Bung Karno memberikan jawaban atas pertanyaan Ketua Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) Dr.Radjiman Wedyodiningrat mengenai filosofi dan dasar negara Indonesia.
Bung Karno menjawab pertanyaan itu melalui pidatonya pada 1 Juli 1945 yang kemudian dikenal sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar