Kamis, 06 Februari 2014

DPRD Desak Jokowi Kembalikan Fungsi Resapan Air

Mal, perkantoran, dan hunian di Jakarta banyak berdiri pada lahan resapan air. Keberadaannya menjadi salah satu penyebab banjir. Karena itu, DPRD mendesak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) segera mengembalikan fungsi resapan air tersebut.
“Jokowi harus berani mengembalikan fungsinya,” kata Farel Silalahi, anggota DPRD DKI Jakarta, Kamis (6/2/2014). “Tak usah ragu, siapa yang melanggar aturan harus ditertibkan.”
Berkurangnya daerah resapan, kata Farel, merupakan salah satu penyebab banjir Jakarta saat ini. “Selain masalah drainase, berdirinya mal atau plaza di daerah resapan menjadi salah satu sebab banjir juga,”tandasnya.
Kawasan resapan atau ruang terbuka yang berubah fungsi antara lain terekam di sepanjang Jalan Asia Afrika atau kawasan Senayan. Selain pusat perbelanjaan, di sana juga banyak dimanfaatkan perkantoran.
Begitu pula di kawasan Kelapa Gading dan Sunter, Jakarta Utara. Lahan resapan air berubah menjadi bangunan beton. Dampaknya bila hujan besar wilayah tersebut terendam banjir.
Di Jakarta Barat daerah resapan yang banyak berubah fungsi juga terjadi di Kembangan. Sedangkan di Jakarta Selatan resapan air yang dimanfaatkan menjadi pusat perbelanjaan dan perkantoran berada di Kemang dan Pondok Indah.

Sulit Dikembalikan
Wakil Gubernur Ahok mengakui banyak gedung komersial di Jakarta yang berada di daerah resapan atau ruang terbuka hijau (RTH). Tetapi, keberadaannya secara tata ruang gedung tersebut tidak menyalahi aturan.
“Persoalannya mereka dapat izin dulu. Kenapa dulu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tidak mau diperdakan secara langsung?” ujar Ahok seraya menjelaskan hal yang sudah berubah tersebut sulit untuk dikembalikan karena sudah diputihkan pada Perda RTRW sebelumnya.
Melihat fakta ini, sambung Ahok, pada Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) sudah diatur RTH sedemikian rupa. Selain itu, tiap tahun dianggarkan triliunan untuk pembebasan lahan masyarakat. “Ini untuk memenuhi 30 persen RTH. Ini yang kami upayakan saat ini,”tandasnya.

Sumber :
Pos Kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar