Jumat, 07 Februari 2014

Di Rusun Sindang, Jokowi Sholat Jumat dan Bagi Buku

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memilih Sholat Jumat di kawasan Rusun Sindang hari ini, Jumat (7/2/ 2014). Tiba di lokasi sekitar pukul 12:00, Jokowi langsung diserbu ratusan warga, mulai anak-anak hingga orang tua.
Sepanjang jalan kaki menuju Masjid Al Mutaqarrabien, kerumunan warga tidak berhenti mengajak bersalaman maupun foto bersama. Masjid pun jadi penuh sesak oleh anak-anak yang sulit ditertibkan.
Menurut Wali Kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono, Jokowi datang ke Rumah Susun Sindang, Koja, Jakarta Utara untuk mengecek pengelolaannya. Harga sewa rusun dilaporkan naik dari Rp 250 ribu menjadi Rp 550 ribu. Warga mengaku senang dikunjungi. "Belum pernah ada gubernur ke sini," kata salah seorang ibu. Sejumlah warga rusun mengadukan persoalan di rusun itu kepada Jokowi.
Daryo (65), salah seorang warga, mengatakan, meski milik Perumnas, rusun itu berdiri di lahan milik Pemprov DKI Jakarta. Warga mengeluhkan harga sewa yang dibebankan ke setiap penghuni, yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan daerah.
"Bayangkan saja, masa harganya sampai Rp 550.000 per bulan, sedangkan standar ekonomi warga di sini rendah," kata Daryo di sela-sela kunjungan Jokowi tersebut.
Karena tingginya biaya sewa rusun itu, banyak warga yang menyewakan hunian di rusun tersebut kepada warga lain. "Kita maunya harga sewanya itu sesuai Perda DKI," kata Daryo.
Ia mengatakan, fasilitas umum di rusun itu tidak dirawat oleh Perumnas. Kondisi tersebut membuat hidup penghuni rusun itu tidak nyaman.
Daryo berharap Jokowi mampu menyelesaikan persoalan di situ. Ia dan warga di sana berharap Jokowi mengambil alih kepemilikan rusun tersebut supaya aturan yang diberlakukan di sana berdasarkan Perda DKI Jakarta. Daryo menyebutkan, antara komunikasi penghuni rusun dan Perumnas selalu berbuah nihil.
Wali Kota Jakarta Utara Heru Budi Hartono mengatakan, berdasarkan komunikasinya dengan Jokowi, pemerintah setempat akan mendata fasilitas mendesak yang dibutuhkan penghuni rusun dan memperbaikinya menggunakan APBD 2014. "Kalau untuk harga sewanya, kita akan minta ke Perumnas, bisa atau tidak harga sewanya diturunkan. Jadi fasilitas umumnya kita yang ngerjain, nah harganya tetap kita usahakan," kata Heru.
Kunjungan ke sana hanya berlangsung satu jam. Usai Sholat Jumat, Jokowi sempat membagikan enam dus buku tulis dan satu kontainer beras. Pantauan Tempo, anak-anak berlarian berebut buku dari Jokowi, sedangkan ibu-ibu sibuk antre beras.

Sumber :
- tempo.co
- kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar