Jumat, 01 November 2013

Buruh Merasa Dibohongi

Memasuki hari kedua mogok nasional, sekitar pukul 11.00 buruh kembali mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Ketua Forum Buruh DKI Jakarta Muhammad Toha mengatakan kedatangan buruh untuk menuntut bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi menjadi 3,7J.
Padahal, ketentuan Upah Minimum Provinsi tahun 2014 sudah ditandatangani Jokowi tadi pagi menjadi 2,44 J. "Kita belum bisa terima, minta diganti, kita tetap nuntut 3,7J," kata Toha di depan balai kota, Jumat (1/10/2013).
Menurut Toha, pihak buruh merasa dibohongi pemerintah provinsi terkait sidang penetapan UMP 2014 ini. Pasalnya, pihaknya sudah menyampaikan ke Heru Budi Hartono, Kepala Biro KDH dan KLN DKI Jakarta meminta bertemu Jokowi (Kenyataan kemarin Buruh menolak ketika Jokowi keluar dan mengajak berdiskusi dengan mereka bahkan Jokowi masih menunggu sampai dengan Kamis Malam sampai dengan pukul 12 Malam).
"Kemarin sudah diomongi sebelumnya, perundingan KHL dan UMP pekan ini tidak diadakan sebelum kita ketemu Jokowi. Dari pihak Gubernur diwakili Pak Heru, kemarin dia mau menghubungi. Ternyata sidangnya tetap berjalan, dia tidak menghubungi kami untuk ketemu Pak Jokowi. Jadi kami merasa dibohongi," kata Toha.
Kemarin, Kamis, 31 Oktober 2013 saat buruh dari Jakarta Timur menggelar demo di depan Balaikota, Jokowi sempat mendatangi mereka dan meminta beberapa perwakilan untuk ngobrol di dalam Balaikota. Namun, buruh menolaknya lantaran belum siap. "Presidium ada 15 federasi, kemarin tersebar ada di kawasan. Kemarin Presidium tidak siap soalnya tidak direncanakan, kita minta hari ini, ini nungguin Pak Jokowi datang," ucap Toha.Toha menuturkan saat ini dia membawa sekitar 3 ribu massa buruh dari berbagai kawasan industri. Nantinya, para buruh tersebut akan menyebar ke beberapa titik. "Ada rencana ke Mabes terkait insiden pembacokan, ke Istana meminta dicabutnya Inpres No 9 tahun 2013. Ke HI juga," ucapnya.
Saat ini, massa buruh berada di depan Balaikota dan akan menggelar sholat Jumat di sana. Mereka akan tetap menunggu Jokowi menemuinya. Jokowi sendiri saat ini sedang tidak berada di kantornya. Mantan Walikota Solo tersebut sedang blusukan dari pukul 08.00 tadi.

Sumber :
tempo.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar