Senin, 23 Juni 2014

Debat Ketiga, Jokowi Ungguli Prabowo

Situs pengamat media sosial, PoliticaWave, menyimpulkan calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo, kembali merajai percakapan di media sosial. Bos PoliticaWave, Yose Rizal, mengatakan, dalam debat bertema "Politik Internasional dan Ketahanan Nasional" itu, tagar yang banyak digunakan dalam percakapan netizen didominasi dukungan kepada Jokowi.
"#TegasPilih2 sebesar 78.296 percakapan, #JokowiJK_adalahKita sebesar 18.782 percakapan, dan #Salam2Jari 14.572 percakapan," kata Yose ketika dihubungi.
Sedangkan jumlah tagar berupa dukungan kepada Prabowo yakni #PrabowoHattaNo1 mendapatkan 22.636 percakapan, #IndonesiaAman 20.553 percakapan, dan #No1_PrabowoHatta 19.898 percakapan.
Yose mengatakan tagar #TegasPilih2 dan #JokowiJK_adalahKita berhasil menjadi topik hangat (trending topic) dunia, bahkan sempat berada di peringkat pertama. Sedangkan tagar berupa dukungan terhadap Prabowo yang masuk ke daftar topik hangat dunia yakni #IndonesiaAman dan #No1_PrabowoHatta.
Sayangnya, kata Yose, dari empat tagar yang berhasil menjadi topik hangat dunia itu, hanya #TegasPilih2 yang berasal dari percakapan netizen. "Tiga hashtag lainnya lebih banyak di-generate oleh akun robot, bukan netizen asli," ujarnya.
Menurut dia, ini harus menjadi perhatian dari tim sukses kedua kubu. "Percuma melakukan kampanye di media sosial dengan menggunakan akun robot," ujar Yose.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar