Jumat, 28 Februari 2014

Perbaikan Aspal Jalan Jakarta Dijadwalkan Mulai April

Cuaca buruk dan banjir yang melanda Jakarta belakangan ini menyisakan kondisi buruk infrastruktur jalan di berbagai wilayah. “Hiasan” di aspal berupa lubang-lubang besar dinilai berbahaya buat setiap pengguna lalu-lintas. Gubernur Jakarta, Joko Widodo alias Jokowi mengatakan, pembenahan aspal Jakarta akan dimulai April nanti saat memasuki “musim panas”.
“Pembangunan akan dikerjakan maju ke depan, nanti kita lihat bareng-bareng bagus atau tidak. Untuk wilayah yang sering kena air, kita tidak pakai aspal lagi, tapi coran beton setebal 25 cm. Sekarang yang sudah dilakukan di Kampung melayu dan Gunung Sahari,” ujar Jokowi saat mengunjungi redaksi Kompas.com, Jumat (27/2/2014).

Kontrol
Orang #1 di Ibu Kota itu tidak menampik telah terjadi berbagai macam kecurangan di setiap proyek perbaikan jalan di Jakarta. Menurutnya, selain kualitas aspal yang digunakan tidak baik, kejadian yang sering terjadi, kontraktor baru mulai fokus mengerjakan setelah mepet deadline. Dibutuhkan pengawasan yang lebih ketat agar semua bisa terlaksana dengan seharusnya.
“Kalau tidak diubah ya ‘lagunya’ akan seperti ini terus sampai kapanpun. Sengaja dipepet sampai tenggang waktu agar tidak dicek. Kualitasnya dan ketebalan juga sulit dikontrol, kalau begini siapapun pasti kesulitan,” ungkapnya.

E-Purchasing
Mengatasi masalah tersebut, mulai tahun ini, Jokowi memberlakukan sistem e-purchasing untuk mengganti metode lelang atau tender yang biasanya diselenggarakan untuk proyek. Dengan begitu proses bisa lebih tertib dan mudah diawasi.
“Dengan masuk ke sistem e-catalog, e-purchasing, dan e-budgeting, semua terkunci dan tidak bisa diintervensi. Hanya saja dan pak Ahok yang bisa,”  tukas Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar