Senin, 16 Desember 2013

Jokowi Bangun Hutan Kota di Waduk Ria Rio

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) siang ini memantau progres pengerjaan ruang terbuka hijau di Waduk Ria Rio, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (16/12/2013). Jokowi mengatakan, area tersebut akan dijadikan sebagai hutan kota.
"Ini akan jadi hutan. Jumlah pohonnya ada 9200. Ada trembesi, mahoni, dan flamboyan," kata Jokowi
saat Jokowi mengunjungi lokasi, baru ada sekitar 100 pohon yang sudah ditanam di area seluas tiga hektar. Pohon-pohon tersebut ditanam dengan jarak yang saling berdekatan. Jarak antarpohon hanya satu meter. Meski demikian, pohon-pohon yang ketika ditanam masih berupa batang setinggi lima meter tersebut belum memiliki daun.
"Pohon ini tumbuhnya cepat kok. Tahun depan juga sudah rimbun," kata Jokowi sambil menunjuk satu pohon yang sudah mulai ditumbuhi daun.
Jokowi menjelaskan, area yang dijadikan hutan kota sengaja dipilih di dekat jalan raya. Gunanya, untuk melindungi waduk dari polusi udara yang dihasilkan oleh asap kendaraan. Sebab, di sebelah hutan nantinya akan ada waduk bersih yang airnya bisa digunakan untuk kebutuhan wisata.
Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini sedang melakukan normalisasi Waduk Ria Rio. Normalisasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi waduk sebagai pengendali banjir. Selain itu, Waduk Ria Rio juga didesain agar bisa menjadi tempat rekreasi warga.

Sumber :
republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar