Senin, 11 November 2013

Makna Hari Pahlawan Bagi Jokowi: Pengorbanan Tanpa Pamrih

Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November diresapi berbagai kalangan dengan berbagai makna. Bagi Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) hari pahlawan dimaknai sebagai pengorbanan tanpa pamrih.
hal ini dikemukakan oleh Jokowi kemariin, Minggu (10/11/2013) dan diulanginya hari ini Senin (11/11/2013) usai menjadi inspektur upacara di lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.
"Hari pahlawan itu berarti pengorbanan. Pengorbanan yang tanpa pamrih," kata Jokowi .
Jokowi mengatakan hal tersebut dengan penuh penekanan dan semangat. Begitupun saat ia menyampaikan pidato Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri dalam upacara. Mengambil tema 'Pahlawanku Idolaku', Jokowi menyampaikan jika kemerdekaan saat ini bukanlah hadiah.
"Sejarah mencatat perjuangan mendirikan negara republik Indonesia menjadi bangsa berdaulat bukan hadiah dari mana pun, tapi melalui proses perjuangan panjang, heroik dan disertai pengorbanan luar biasa oleh para pahlawan pejuang," kata Jokowi.
Ia mengingatkan agar generasi muda di tengah masalah yang ada saat ini tidak menyia-nyiakan perjuangan para pahlawan.
"Karena itu, kita harus bahu-membahu mengatasi permasalahan tersebut untuk mewujudkan bangsa yang berdaulat, adil dan makmur dan menjadi negara sejahtera dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia," lanjut Jokowi.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar