Selasa, 08 Oktober 2013

Railbus Warisan Jokowi Diterlantarkan di Stasiun Balapan

Railbus Batara Kresna yang merupakan hibah dari pemerintah pusat senilai 16M, semasa Wali Kota Solo, Joko Widodo (Jokowi) hingga saat ini masih mangkrak.
Kereta api yang melintas di tengah Kota Solo tersebut, sejak diresmikan Menteri Perhubungan (Menhub), 26 Juli 2011, berkali-kali mengalami kerusakan dan harus dikandangkan di Depo Stasiun Solo Balapan.
Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Susantono ketika dikonfirmasi wartawan berkilah masih ada masalah dalam operasional railbus. Menurutnya, ada beberapa komponen yang masih dalam perbaikan di Depo.
"Ada beberapa komponen yang rusak. Saat ini masih harus diperbaiki di Depo Solo Balapan," kata Bambang, Selasa (8/10/2013).
Namun saat ditanyakan komponen tersebut, Wamenhub enggan menyebutkannya. Perbaikan moda transportasi buatan PT INKA Madiun tersebut, ditargetkan selesai tahun ini.
"Setelah selesai, akan kita operasikan untuk rute Solo-Sukoharjo. Untuk Wonogiri mungkin belum bisa. Nanti bertahap sembari menunggu beberapa prasarana," tandasnya.
Selain masih dalam perbaikan, masih mangkraknya railbus juga disebabkan soal tarif. PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator, menginginkan tarif Rp 25 sampai Rp 30 ribu. Sementara itu, Pemkot Solo menginginkan tarif diberlakukan tidak lebih mahal dari moda bus, yakni Rp 8 ribu per orang.
"Pemerintah akan memberikan subsidi, agar railbus segera beroperasi lagi. Kami akan koordinasikan dengan Kereta Api selaku operator," pungkas Bambang.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar