Selasa, 08 Oktober 2013

Komentar Jimly Tentang Gaya Kepemimpinan Jokowi

Gaya kepemimpinan Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) menarik perhatian banyak pihak. Menurut Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Ashiddiqie, kerja Jokowi penuh dengan informalitas, berbeda dengan umumnya pejabat daerah yang terlalu formal dan protokoler.
"Kinerja Jokowi bagus. Saya rasa dia penuh informalitas, sementara pejabat kita banyak yang penuh formalitas," kata Jimly, di sela-sela diskusi bertajuk 'Hukum Rakyat' di GOR POPKI, Wisma Sugondo, Jl Jambore Raya No 1 Cibubur Jakarta Timur. Hadir pula Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan dan Direktur Eksekutif Perkumpulan HuMa.
Jimly menilai, saat ini masyarakat cenderung bersimpati kepada sosok yang mengutamakan aksi daripada prosedur formal yang berbelit-belit. Karakter itu ada pada diri Jokowi.
"Maka orang pun suka. Itu gejala normal," ucapnya.
Dalam diskusi, Jokowi menceritakan cara dia dalam menarik warga untuk pindah ke rumah susun. Jokowi menyediakan barang-barang elektronik di rusun agar para warga tertarik tinggal di rusun. Jimly mengatakan, para staf Gubernur harus bisa mengimbangi agar langkah-langkah Jokowi semacam itu bebas dari masalah.
"Justru bagus. Itulah tujuan bernegara adalah melayani rakyat. Tapi sekali lagi, harus ada yang mengawasi agar dia tak melanggar aturan," pungkasnya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar