Selasa, 08 Oktober 2013

Jokowi Ingin Alokasikan Dana 500M untuk Ragunan


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan dana yang cukup besar untuk pengembangan Taman Margasatwa Ragunan (TMR). Jokowi meminta Ragunan bisa menjadi Taman Margasatwa terbaik di dunia. Hal tersebut disampaikan oleh Jokowi ketika untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di Taman Margasatwa Ragunan.
"Anggaran yang dibutuhkan berapa triliun? Saya sediakan tapi harus menjadi yang terbaik, bukan di Indonesia tapi di dunia," ujar Jokowi dalam acara Dialog Publik Pengembangan Taman Margasatwa Ragunan, di Pusat Primata Schumtzer, Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2013).
Jokowi menuturkan, Pemprov DKI sebenarnya telah menyediakan anggaran sebesar 400M-500M untuk pengembangan TMR.
Namun, ia mendengar konsep pembangunannya baru akan dimatangkan, sehingga masih dibutuhkan waktu untuk merealisasikan pengembangan.
"Mungkin tahun berikutnya yang bisa diberikan anggaran," imbuhnya.
Sebagai komitmen pemprov untuk menjadikan TMR sebagai kebanggaan ibu kota, Jokowi tak akan segan-segan mengucurkan anggaran yang besar untuk merealisasikannya.
"Komitmen kami benar-benar serius menyiapkan ragunan sebagai taman margasatwa terbaik," ucapnya.

Jokowi Puji Gorila
Saat membuka acara dialog publik di Taman Margasatwa Ragunan, Jokowi diajak berkeliling melihat berbagai macam hewan di Pusat Primata Schmutzer. Ia memberi makan seekor gorila sambil memuji gorila tersebut ganteng.
"Ganteng kok. Hehehehe," celetuk Jokowi saat singgah di depan kandang gorila di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Selasa (7/10/2013).
Jokowi berkeliling Pusat Primata Schmutzer bersama Ketua Dewan Pengawas Ragunan, Hashim Djojohadikusumo. Ia bahkan sempat melemparkan makanan pada 2 gorila yang sedang duduk di penampungannya.
Kandang primata tersebut sengaja dibuat alami untuk membuat binatang merasa nyaman. Ia juga meminta agar tembok-tembok di dalam kawasan tersebut dibuat alami dengan cat bergambar pohon lengkap dengan hutan rambatnya.
"Saya suka dengan ornamen di temboknya yang ada akar-akar rambatnya," ujarnya.
Ia terlihat kagum saat berkeliling melihat kandang siamang dan berbagai spesies primata lainnya.

Jokowi Akan Gandeng LSM
Usai menghadiri acara pembukaan dialog publik di Pusat Primata Schutzer, Jokowi menyampaikan keinginannya menggandeng sejumlah pihak termasuk LSM dan pecinta satwa untuk memberi masukan dalam proses renovasi Ragunan.
"Pagi ini ada dialog publik, sehingga ada masukan dari masyarakat, LSM, pecinta satwa, semuanya memberikan masukan," kata Jokowi.
Dari pembicaraan ini nantinya akan dihasilkan masterplan, blue print tentang TMR untuk 50-100 tahun ke depan.
"Jangan tanya saya (tentang konsep). Tugas saya komitmen saya menyiapkan anggaran," lanjutnya.
Jokowi menargetkan TMR bisa menjadi konservasi pelestarian flora dan fauna, edukasi dan penelitian, serta rekreasi. Untuk mengerjakan ini semua, Jokowi menegaskan pihaknya sama sekali tak menggandeng swasta.
"Oh enggak ada (swasta), tadi saya sudah sampaikan wong duit kita banyak, kalau memberikan masukan atau input kepada Ragunan silahkan. Ini baru dialog publik kok," kata Jokowi.
TMR adalah lokasi wisata murah-meriah di Jakarta. Tiket masuk untuk dewasa dibanderol Rp 4.000 dan anak-anak lebih murah. Tak ayal TMR selalu ramai pengunjung di hari libur.

Sumber :
- detik.com
- tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar