Selasa, 08 Oktober 2013

Jokowi Minta Warga Pademangan Sadar Kebersihan

Kali Pademangan, Jakarta Utara, tempat pertama kali Joko Widodo (Jokowi) blusukan sebagai Gubernur DKI Jakarta, masih penuh sampah. Menurut Jokowi, warga tidak kooperatif menjaga kebersihan lingkungan sehingga meski sudah dibersihkan, lingkungan masih saja terlihat kotor.
"Sekali lagi, dibersihkan seperti apa pun kalau masyarakat tidak ikut memelihara, ya sama saja," ujar Jokowi usai sidak ke Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (8/10/2013).
Jokowi menjelaskan, pihaknya sudah berusaha membersihkan Kali Pademangan yang sebelumnya dipenuhi sampah yang menumpuk. Hal itu dibuktikannya ketika dalam satu minggu pasca-pemantauan, Kali Pademangan sudah terlihat bersih.
"Itu dalam seninggu sudah bersih setelah saya datang (pertama kali). Saya cek lagi seminggu kemudian sudah bersih," kata Jokowi.
Jokowi juga berharap agar masyarakat tidak manja dengan menggantungkan semua persoalan kecil seperti masalah kebersihan kepada dirinya maupun kepada Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).
"Pembangunan jangan tergantung pada Gubernur dan Wagub. Jangan tergantung pada Pemprov. Peran yang paling besar ada di masyarakat, tapi kalau tidak ikut, tidak memelihara, tidak merawat, lupakan saja," kata Jokowi.

Sumber :
kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar