Minggu, 26 Oktober 2014

Pimpinan DPR Akhirnya Jawab Surat Presiden dengan Mengunjungi Istana

Pimpinan DPR RI akhirnya, memajukan agenda menjawab surat Presiden Jokowi terkait permintaan pertimbangan perubahan nomenklatur kementerian Kabinet “Jokowi-JK”. DPR sedianya akan memberikan jawaban Senin besok, tapi dirubah Minggu pagi ini (26/10/14). Karena, Presiden Jokowi akan mengumumkan postur kabinet dan nama-nama Menteri, Minggu sore.
“Pembahasan surat Presiden Jokowi sudah selesai. Hari Minggu sekitar Pukul 10.30 WIB, pimpinan DPR akan bertemu Presiden Jokowi untuk menyampaikan pertimbangan sebagai jawaban surat Presiden,” kata Wakil Pimpinan DPR, Fadli Zon, menyampaikan kepada masyarakat Indonesia saat wawancaranya disiarkan langsung TVOne, Sabtu malam (25/10/14).
Fadli Zon mengaku Ketua DPR Setya Novanto dan para wakil ketua, termsuk dirinya akan datang ke Istana Merdeka untuk menemui Presiden Jokowi. Kemudian, pimpinan DPR akan menyampaikan pertimbangan-pertimbangan terkait perubahan nomenklatur kementerian, baik soal penggambungan kementerian, termasuk penambahan kementerian seperti kemaritiman dan Kementerian Agraria.
Dengan begitu, tanda-tanya bahwa Presiden Jokowi akan mengumumkan nama-nama menteri, sesuai undang-undang tanpa harus menunggu jawaban pertimbangan dari DPR, terjawab. Meski hari libur Minggu, namun DPR seperti sengaja mendahului sebelum Presiden mengumumkan. Sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa DPR menghambat.
Sebelumnya, Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demkorat, Agus Hermanto mengatakan, jawaban untuk surat presiden itu sedianya disampaikan kepada Presiden Jokowi, Sabtu (25/10/14). Kemudian diundur Senin (27/10/14) dengan dalih masih harus disiapkan.
Presiden Jokowi memutuskan, bahwa pengumuman sudah harus dilakukan Minggu petang (26/10/14). Lantaran diangap waktunya mendesak, kemudian diputuskan diumumkan Senin (27/10/14). Tempatnya, menurut penjelasan Tim Transisi Andi Widjajanto, dilakukan di Istana Merdeka. Menjelang diumumkan, semua naama calon yang terpilih menjadi menteri diminta berkumpul di Istana untuk saling adaptasi.
“Sambil menunggu waktu untuk diumumkan, calon-calon Menteri bisa saling ngobrol santai,” jelasnya.
Diketahui, Presiden Jokowi mengirim surat minta pertimbangan kepada pimpinan DPR RI itu sejak Selasa (21/10/14). Tapi, setelah ditunggu-tunggu sampai Sabtu (25/10/14), pimpinan DPR belum juga memberikan jawaban. [lensaindonesia]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar