Minggu, 26 Oktober 2014

Jokowi Batal Ikut Jakarta Marathon 2014

Hari ini sekitar 14 ribu orang mengikuti kompetisi lari terbesar di Indonesia, Jakarta Marathon 2014. Acara ini adalah perhelatan kedua setelah tahun lalu sukses digelar di tempat yang sama, Monumen Nasional.
Namun, ada yang berbeda dengan acara tahun ini. Kali ini, Joko Widodo (Jokowi) tak ikut meramaikan lomba. Tahun lalu, Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, secara resmi membuka acara dan sempat menjadi bintang di Jakarta Marathon. Pagi tadi, pelari hanya dilepas oleh para pejabat dari Bank Mandiri dan Sapta Nirwandar selaku chairman Jakarta Marathon, sekitar pukul 05.00 WIB. Mereka berangkat dari garis start di silang barat daya Monas.
Peserta dibagi dalam tiga kategori yaitu rute marathon sepanjang 42,195 kilometer, half marathon dengan rute sepanjang 21 kilometer, rute 10 kilometer, 5 kilometer, dan maratoonz untuk anak-anak sepanjang 800 meter.
Sebelumnya Sapta mengungkapkan keinginan Jokowi untuk hadir dalam acara ini. "Tapi waktu saya ketemu dia tiga bulan lalu, Pak Jokowi janji akan datang dan ikut lari." Apalagi, dia menambahkan, Jokowi adalah salah satu penggagas acara ini sewaktu masih menjabat gubernur.
Tahun lalu, Jokowi memang menyedot perhatian masyarakat saat hadir di Jakarta Marathon. Ia sempat berlari bersama para peserta anak-anak berusia 5-10 tahun di kelas Maratoonz. Setelah berlari bersama anak-anak sekitar 250 meter, tiba-tiba Jokowi berbelok arah menuju mobilnya yang telah menunggu di pintu Gambir.
Selain itu, Jokowi juga sempat harus mengejar pelari asal Kenya, Stephen Tum di akhir perlombaan Jakarta Marathon 2013. Saat itu Stephen yang finish di posisi kedua terus berlari setelah melewati garis finish. Jokowi yang bertugas mengalungkan medali kepada pemenang kedua kebingungan dan panik karena Stephen malah terus berlari. Mau tak mau pria kurus ini juga harus ikut berlari.
Berdasar pantauan Tempo, sejumlah juara pada kategori half marathon masih didominasi para pelari asal Kenya. Namun, hingga kini panitia belum resmi mengumumkan juaranya.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar