Jumat, 19 September 2014

Jokowi Sayangkan Tak Ada Mobil Indonesia di IIMS


Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyayangkan tidak ada mobil buatan Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014.
"Kita sudah berapa tahun merdeka? Masa buat pesawat saja bisa tapi mobil tidak? Logikanya itu bagaimana?" kata Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (19/9/2014).
Ia menilai selama ini keberpihakan terhadap pengembangan mobil buatan anak negeri masih kurang.
"Oleh sebab itu keberpihakan pemerintah harus ada. Mobil-mobil karya anak negeri harus diberi peluang jadi produk yang punya brand Indonesia dan kredibel," katanya.
Perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menurut dia, harus mulai ikut mengembangkan mobil buatan Indonesia.

Janji Jokowi
Jokowi berjanji akan kembali membangkitkan industri mobil nasional. Ia menginginkan agar merek-merek lokal memiliki posisi yang sejajar dengan produsen mobil internasional.
"Kita sudah berapa tahun merdeka? Buat pesawat bisa, masa buat mobil saja enggak bisa? Logikanya itu saja," kata.
Menurut Jokowi, pemerintahannya nanti akan membuat keberpihakan yang jelas terhadap para produsen mobil lokal. Ia menilai selama ini industri mobil nasional sulit berkembang karena banyaknya regulasi yang diterapkan untuk melakukan produksi massal terhadap merk mobil lokal.
"Diproduksi bisa, tapi enggak bisa sampai dipasarkan karena kebanyakan regulasi. Itu problemnya," ucap Jokowi.
Kesempatan untuk melakukan produksi massal mobil lokal itu, dikatakan oleh Jokowi, akan diberikannya baik kepada perusahaan swasta atau perusahaan BUMN yang tertarik.
"Jadi kita beri peluang biar brand lokal itu terkenal jadi produk yang kredibel di mata internasional," kata Jokowi.
"Masa buat pesawat aja bisa tapi mobil nggak? Logikanya itu bagaimana?‎," kata Jokowi.
Saat memberikan kuliah umum di gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jakarta, Selasa (16/9/2014), Jokowi mengatakan bahwa Indonesia mempunyai kemampuan riset yang baik sehingga kekurangan pada mobil Esemka bisa diperbaiki.
Mobil Esemka adalah mobil buatan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Surakarta yang sempat dipromosikan Jokowi semasa menjadi Wali Kota Solo.
Seperti diketahui, saat masih menjabat sebagai wali kota Solo, Jokowi memperkenalkan mobil Esemka. Tepatnya pada 25 Februari 2012.
Mobil tersebut telah lulus uji emisi setelah sebelumnya sempat beberapa kali gagal lulus uji emisi di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BMTP) Serpong, Tangerang Selatan, Banten.  [antara]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar