Jumat, 19 September 2014

KPK Siap Bantu Telisik Menteri Jokowi

Komisi Pemberantasan Korupsi mengungkapkan kesiapannya untuk membantu Presiden Terpilih Joko Widodo menelisik rekam jejak calon menteri di kabinetnya.
"KPK siap. Harus dilihat dulu siapa (calon menterinya)," ujar Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Pribowi di kantornya, Jumat (19/9/2014). Johan mencontohkan KPK bisa mengatakan kandidat tersebut pernah diperiksa untuk kasus apa. Kendati demikian, Johan mengaku tim dari Jokowi belum meminta bantuan ke komisi antirasuah untuk menelisik kandidat calon menterinya.
Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan meminta bantuan KPK dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan untuk menyeleksi integritas dari para calon menteri. Musababnya, Jokowi berharap anggota kabinetnya nanti terbebas dari skandal korupsi.
Tim Jokowi juga akan memasukkan berbagai indikator untuk memilih calon menteri ini. Salah satunya dilihat dari pengalaman calon tersebut saat memimpin organisasinya dulu.
Jokowi telah mengumumkan bahwa kabinet dalam pemerintahannya akan memiliki 34 kursi menteri sama seperti kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.  [tempo]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar