Jumat, 19 September 2014

PAN Sulit Gabung Jokowi Karena Si Biang Kerok

Kehadiran Waketum PAN Dradjad Wibowo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV PDIP di Semarang, Jawa Tengah merupakan momentum penjajakan kerjasama yang baik. Namun Sosiolog politik Najib Azca menyatakan bahwa partai tersebut terganjal oleh Ketua MPP Amien Rais.
"Figur Amien ini masih kuat di internal PAN yang cenderung menolak bergabung dengan Jokowi-JK. Padahal setelah Pilpres, Ketua Umum Hatta Rajasa bersilaturahmi dengan Jokowi di rumah Surya Paloh," ujar Najib kepada detikcom, Jumat (19/9/2014).
Entah apa yang membuat Amien berkeras tak ingin merapat ke kubu Jokowi-JK. Ada kemungkinan masih tersisa rivalitas dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di masa awal reformasi lalu.
Sementara itu di internal partai itu dinilai masih terdapat kader-kader yang merupakan loyalis dari mantan Ketum PAN Sutrisno Bachir. Namun kemungkinannya kecil untuk mengubah arah haluan partai berlambang matahari terbit itu.
"Kalau memang ingin menggandeng PAN mungkin PDIP bisa lewat Hanafi Rais, karena dia yang pertama kali mengucapkan selamat lewat media sosial atas kemenangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla," imbuh Najib.  [detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar