Jumat, 22 Agustus 2014

Paspampres Punya Teknis Amankan Blusukan Jokowi

Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mengaku sudah siap mengamankan dan mengawal seluruh kegiatan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi, termasuk blusukan. Mereka cepat menyesuaikan diri dengan kegiatan Jokowi.
Asisten Operasi Komandan Paspampres Kolonel (Inf) A Budi Handoyo mengaku dalam setiap kondisi apapun, pengamanan presiden tetap harus berstandar maksimum dengan tetap menjaga kenyamanan. Pengalaman ini sudah dimiliki Paspampres di era Gus Dur dan BJ Habibie.
"Akan disesusaikan tingkat keamanannya. Kita tidak sendiri. Kita berintegrasi dengan unsur TNI lainnya dan Polri juga. Ada ring satu, dua dan tiga. Di mana pun berada, kegiatan lebih tinggi seperti di Apec berlaku maximum security tapi nyaman," terang Budi di KPU, Jakarta, Jumat (22/8/2014).
Budi mengaku sudah memiliki teknik tersendiri untuk mengamankan dan mengawal Jokowi saat blusukan, dengan tetap mengedepankan kenyamanan. Taktiknya semisal personel yang tidak menggunakan seragam khusus atau menggunakan baju preman.
Wakil Asisten Operasi Panglima TNI Laksma Darmanto menambahkan, pengamanan semuanya akan dikonsultasikan dengan Jokowi terkait kegiatan blusukannya. Apabila memang tidak aman, pihaknya akan lansung memberi tahu tentang itu.
"Ada saran-saran yang akan diterima beliau sejauh mana keamanan dilakukan Paspampres. Apabila tak aman jelas tugas kita semakin berat. Karena itu kita sampaikan bapak aman di sini. Kalau enggak aman, tugas Paspampres menyampaikan," tambah Darmanto.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar