Kamis, 03 April 2014

Jokowi Resmikan Pembangunan Waduk Giri Kencana

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan Waduk Giri Kencana di Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Pembangunan waduk ini untuk mencegah banjir yang disebabkan oleh meluapnya Kali Sunter dan anak Kali Sunter.
Jokowi mengatakan, Waduk Giri Kencana bisa menampung air sebanyak 320 ribu meter kubik, sehingga efektif untuk menampung luapan Kali Sunter saat musim hujan dan mencegah terjadinya banjir.
Jokowi mengatakan, pembangunan waduk ini sesuai dengan program Pemprov DKI Jakarta dalam mengatasi banjir. Pemprov berencana untuk membangun 24 waduk di lima wilayah Jakarta, serta mengeruk 76 waduk lama agar bisa berfungsi secara maksimal.
"Pokoknya kita bangun waduk baru sebanyak-banyaknya. Saat ini pembangunan waduk baru sudah dimulai dan waduk lama juga dikeruk," ujarnya, Kamis (3/4/2014).
IWaduk seluas 6,4 hektare itu ditargetkan rampung pada enam bulan ke depan. Saat ini waduk tersebut dalam tahap pengerukan. Pembangunan Waduk Giri Kencana menggunakan dana swakelola. Sehingga biaya lebih ringan, sebab DKI hanya membayar biaya operator alat berat. Sedangkan alat beratnya merupakan milik Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI. Namun Jokowi tak mau menyebut besaran anggaran swakelola tersebut.
Jokowi menambahkan di sekeliling waduk akan dibangun taman dengan aneka jenis pohon produktif. Seperti rambutan, duren, mangga, jambu dan sebagainya. Bahkan di lahan tersebut akan dibangun joging track, sehingga warga dapat memanfaatkannya untuk interaksi dan rekreasi.

Sumber :
inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar