Kamis, 03 April 2014

Jokowi Akan Buat Waduk di Cilangkap

Pemprov DKI Jakarta menambah jumlah waduk yang akan dibuat tahun ini. Salah satunya, Waduk Giri Kencana di Cilangkap, Jakarta Timur.
"Seperti rencana semula, tahun ini kita ingin bangun waduk baru sebanyak-banyaknya. Setelah Rorotan dan Pondok Ranggon, ini kita mulai Giri Kencana, Cilangkap," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), saat meninjau lokasi waduk, di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (3/4/2014).
5 Eskavator milik Dinas PU DKI sedang difungsikan untuk mengeruk waduk dan merapikan tepiannya. Waduk ini dibuat untuk membebaskan banjir di pemukiman di sepanjang Sungai Sunter dan Anak Sunter.
"Kira-kira bisa nampung air sampai 320 meter kubik. Ini untuk membebaskan banjir di permukiman-permukiman di sepanjang Sungai Sunter dan Anak Sunter," ujar capres PDIP ini.
Waduk Giri Kencana memiliki luas sekitar 6,4 hektare. Waduk itu adalah perlintasan Sungai Sunter dan Sungai Anak Sunter.
Seperti dalam pembangunan waduk sebelumnya, rencananya dalam kompleks waduk akan dibuat ruang terbuka hijau. Selain itu akan ditanam pohon buah-buahan seperti rambutan, mangga, dan jambu seperti permintaan warga sekitar.
Pembangunan waduk ini direncanakan akan selesai 6 bulan ke depan. Untuk pencegahan banjir di Jakarta, pemprov DKI menormalisasi waduk yang sudah ada dan akan membangun waduk baru seperti Rorotan di Jakarta Utara dan Ranggon di Jakarta Timur.
"Minggu depan, kita mau nambah lagi Waduk Nusa Kirana. Itu ada di Rorotan juga. Pokoknya kita terus nambah," lanjutnya.

Sumber :
detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar