Senin, 20 Januari 2014

Atasi Banjir Jakarta, 400 Vila di Puncak Dibongkar Tahun Ini

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), Bupati Bogor Rachmat Yasin, Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad, dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mohammad Hasan di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/1/2014).
Pertemuan yang membahas bencana banjir Jakarta itu menghasilkan setidaknya dua kesepakatan, yakni pembangunan dua waduk di Bogor mulai tahun 2015, dan optimalisasi penataan kawasan Puncak. “Pada tahun 2014, kami targetkan vila yang akan dibongkar di Puncak sebanyak 400,” kata Bupati Bogor Rachmat Yasin usai rapat dengan Jokowi di Katulampa.
Sepanjang tahun 2013, Pemerintah Kabupaten Bogor sudah membongkar 231 dari total 800 vila yang tersebar di kawasan Puncak. Pembongkaran vila tersebut menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
“Tahun 2013, Pemprov DKI Jakarta menghibahkan dana sebesar 2,1T untuk membongkar vila di Puncak. Tahun ini dananya dua kali lipat,” kata Rachmat.
Sementara soal waduk yang akan dibangun di Bogor, lokasinya terletak di Desa Cipayung dan Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor. “Di Cipayung tersedia tanah seluas 107,3 hektare, sedangkan di Sukamahi ada tanah seluas 24,8 hektare,” ujar Rachmat.
Untuk membangun kedua waduk itu, Pemprov DKI akan membantu Pemkab Bogor dalam hal pembebasan lahan. Ada 170 keluarga yang harus direlokasi demi membangun waduk-waduk tersebut.
Untuk tiap waduk, disediakan dana pembangunan sebesar 1,9T. Pembebasan lahan akan dimulai tahun ini, sedangkan pembangunan waduk dimulai tahun 2015.

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar