Rabu, 11 Desember 2013

Jokowi: Pengadaan Barang Sistem Elektronik Terbukti Efisien

Dalam pembelian 92 unit truk pengangkut sampah yang baru, Dinas Kebersihan DKI membeli dengan sistem e-purchasing melalui e-catalogue Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Ini akan diikuti oleh dinas lain karena terbukti efektif memangkas anggaran.
"Anggarannya 46M. Sisanya 2,9M. Rencana beli 82 unit dengan (belanja) elektronik bisa tambah 92 plus masih ada sisanya. Artinya pembelian dengan elektronik memang lebih efisien," kata Gubernur DKI, Joko Widodo (Jokowi) usai acara peluncuran peremajaan truk sampah di kawasan Pulomas, Jakarta Timur, Rabu (11/12/2013).
Proses pembelian truk ini dengan sistem e-catalogue LKPP. Pembelian dengan cara ini pun akan diterapkan pada pengadaan barang dan jasa di seluruh dinas Pemprov DKI Jakarta.
"Seluruh pembelian yang bisa kita e-kan (pembelian elektronik), akan kita e-kan. Pembelian elektronik lebih efisien tapi harus didaftarkan ke LKPP. Ini benar efisien. Ini terbukti lebih cepat. Kalau kita lelang, minimal 2 bulan. Ini cepat," ungkapnya.
Pemprov DKI memang sedang menerapkan pembelian elektronik dalam sistem pembelian di seluruh dinasnya. Langkah ini diambil untuk mengurangi potensi penyelewengan anggaran dan efisiensi waktu karena dinilai lebih cepat dalam realisasinya.

Sumber :

detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar