Kamis, 19 Desember 2013

Jokowi: Kantor Camat dan Lurah yang Saya Sidak Karena Banyak Aduan

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) kerap melakukan sidak ke kantor kelurahan atau kecamatan untuk melihat lebih dekat kinerja anak buahnya. Sidak secara acak yang dilakukan orang nomor satu di ibu kota itu bukan tanpa alasan, melainkan berdasarkan aduan yang diterima dari warga.
"Beberapa yang saya cek itu biasanya yang ada masalah," kata Gubernur DKI, Joko Widodo usai sidak di kantor kecamatan Tanjung Priok, Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, Kamis (19/12/2013).
Jokowi mengatakan jika ia kerap menerima aduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik dari bawahannya. Karena itu, Jokowi melakukan sidak untuk melihat faktor lapangannya.
"Yang saya cek biasanya karena saya terima aduannya dari masyarakat. Misalnya pelayanannya lama, pengurusan KTP-nya dipungut," ungkapnya.
Di beberapa sidaknya, Jokowi memang menemukan banyak permasalahan seperti tidak adanya petugas pelayanan padahal beberapa warga sudah duduk menunggu seperti yang terjadi di kelurahan Guntur dan kelurahan Menteng Atas.
Ia meminta perbaikan di kantor kelurahan dan kecamatan disegerakan pasca pengesahan Perda Pelayanan Terpadu Satu Pintu oleh DPRD DKI kemarin. Dalam perda ini, warga dapat mengurus segala perizinan di tingkat kelurahan. Rencananya, pelaksanaan perda ini akan efektif di Januari 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar