Senin, 18 Maret 2013

4 Saran Jokowi untuk Cagub dari PDIP

Joko Widodo (Jokowi) bukan tukang dongkrak. Kata Jokowi, kemenangan di Pilgub sangat tergantung pada figur utama si calon. Ia berbagi strategi agar sahabatnya juga meraih kemenangan.

Sarjana Kehutanan UGM ini didapuk menjadi jurkam PDIP di Pilgub 2013. Pria asli Solo ini siap membantu teman-temannya. Dalam setiap kampanye, Jokowi selalu mengobarkan spirit perubahan.

Berikut 4 Saran Jokowi untuk Cagub dari PDIP :

Jujur & Bersih
Jokowi berpesan pemimpin harus jujur dan bersih. Itulah pesan Jokowi kepada Rieke yang maju di Pilgub Jabar.
"Pesan dari pak Jokowi, yang penting pemimpin jujur dan bersih," ujar Rieke di Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (16/2/2013).
Jokowi dan Rieke juga saling bertukar pikiran antara lain membahas konsep transportasi, dan revitalisasi pasar tradisional.

Rakyat Nomor Satu

Jokowi didaulat menjadi orator utama dalam peringatan HUT PDI Perjuangan ke-40 di Kabupaten Deli Serdang.
Di hadapan ribuan warga yang memenuhi Wisma Tiberias di Lubuk Pakam, Jokowi menyatakan untuk menjadi pemimpin seseorang itu harus mampu mengutamakan rakyat. Pemimpin harus mendatangi rakyat setiap hari, mencari tahu apa masalahnya dan memberikan solusi atas persoalan yang tengah dihadapi mereka.
"Pemimpin itu gak perlu pintar, nanti malah minterin rakyatnya, yang penting jujur dan bersih. Rakyat adalah nomor satu. Setiap hari datangi mereka. Keluhannya apa, kesulitannya apa. Carikan kebijakan agar mereka bisa keluar dari problem persoalan yang ada. Jangan sampai rakyat gak makan, pemimpinnya diam saja. Tidak benar pemimpin seperti itu," tukas Jokowi, Minggu (3/3/2013).
Pemimpin, kata Jokowi, haruslah mengerti persoalan yang dialami rakyat. Jika tidak bisa ke rumah sakit, buat kebijakan sehingga mereka bisa ke rumah sakit. Jika tidak bisa sekolah, harus membuat kebijakan sehingga mereka bisa sekolah. APBD bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat.
"Yang pentingnya APBD-nya, jangan... ?" tukas Jokowi.
"Dikorupsi...," sambung ribuan peserta pertemuan dengan kompak.
Kepada pasangan Effendi MS Simbolon dan Jumiran Abdi yang maju di Pilgub Sumut, Jokowi berpesan untuk selalu mengedepankan rakyat. Menjadikan solusi untuk mengatasi masalah rakyat sebagai bagian dari kebijakan yang diambilnya jika terpilih kelak.

Blusukan

Jokowi memberi sedikit saran kepada calon gubernur Jateng dari PDIP, Ganjar Pranowo. Ganjar disarankan agar blusukan ke masyarakat menjelang Pilgub Jateng.
"Lebih bergerak di masyarakat ya di pasar, di daerah, di kota, di pedesaan, di kampung," saran Jokowi usai meresmikan kantor cabang Bank DKI di Solo, Minggu (17/3/2013). Pilgub Jateng digelar 26 Mei 2013 mendatang.
Jokowi juga membantu Ganjar mengkoordinir 22 titik perantauan di Jakarta.


Pakai Kemeja Kotak-kotak

Jokowi sudah membisikkan strategi pada cagub Jabar dari PDIP Rieke Dyah Pitaloka (38) agar menang dalam Pilgub Jabar.
"Saran Jokowi sih kotak-kotak, tapi beda motif," kata Rieke sembari tersenyum, seraya menegaskan motto kampanyenya di Pilgub Jabar yakni 'Jabar Baru, Jabar Bersih' di Kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (8/11/2012).
Rieke makin rajin tampil berkemeja kotak-kotak saat kampanye. Tetapi baju Rieke dan Jokowi tidak sama.
"Kemeja yang dipakai berdua ini (Rieke-Teten) merupakan khas Jabar. Namanya cele. Jadi enggak tiru saya sama sekali," ujar Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak khasnya di tengah hujan deras mengguyur halaman kantor DPD PDIP Jabar, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Minggu (18/11/2012).

Sumber :
news.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar