Selasa, 04 November 2014

Presiden Jokowi: Target Kita Tiga Tahun Swasembada Pangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan target ambisiusnya dalam hal ketahanan pangan. Pemerintahan yang dipimpinnya bakal mencapai swasembada pangan sebelum lima tahun.
"Target kita dalam 3 tahun harus swasembada," tegas Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (4/11/2014).
Untuk mencapai itu, Jokowi sapaan akrabnya, memerintahkan agar saban tahun dibangun 5-7 bendungan untuk pengairan dan irigasi area persawahan. Dia menjelaskan, langkah ini untuk memberikan penguatan bagi sektor pertanian. Pembangunan infrastruktur ini menjadi strategis lantaran saat ini kondisi irigasi di dalam negeri, 52 persen dalam kondisi rusak.
"Tahun ini 5 bendungan, tahun depan 7 bendungan. Ini memberikan penguatan di sisi pertanian, sehingga sisi mana yang bisa kejar di produksi pertanian, tidak hanya beras atau padi tapi gula juga kedelai," ucapnya.
Kepala negara sudah menginstruksikan kementeri pekerjaan umum, kementerian pertanian dan kementerian keuangan untuk mempersiapkan proyek-proyek sektor pertanian ini. Termasuk koordinasi dan pembagian tugas dengan pemerintah provinsi.
"Dalam 2-3 tahun ke depan, semua harus sambung, waduk masuk ke sawah, semua harus dikerjakan secara terintegrasi. Kalau ini sambung semua, dalam 3 tahun, target untuk swasembada bisa kita capai," ucapnya.
Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengaku memiliki latar belakang sebagai petani sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Kini setelah sukses dan dipercaya duduk di kursi menteri pertanian, Amran punya ambisi besar.
"Kita buat sejarah kita swasembada pangan. Membantu pemikiran-pemikirannya, juga kepada senior-senior kita undang diskusi. Kita harus terima seluruh sektor, harus kolektif kalau gerak sendiri tidak akan kita capai," ujar Amran saat serah terima jabatan di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (28/10/2014).
Fokus Kementan saat ini adalah swasembada pangan sesuai dengan janji pemerintahan Jokowi-JK dalam lima tahun mendatang. Amran menargetkan dalam waktu 3 hingga 4 tahun, Indonesia bisa mengimplementasikan swasembada pangan.
"Ya swasembada. Doakan mudah-mudahan 3-4 tahun tercapai swasembada-nya," katanya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar