Selasa, 04 November 2014

Jokowi: Indonesia Pernah Alami Kutukan Minyak dan Hutan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan seluruh kepala daerah agar berhati-hati memberikan perizinan investasi yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam. Mengingat Indonesia memiliki berlimpah kekayaan SDA-nya, Jokowi tak ingin kembali lagi rakyat terkena kutukan hutan dan kutukan minyak.
"Kita pernah mengalami yang namanya kutukan minyak, dan kutukan hutan. Apa itu? Waktu minyak saat itu, kita bisa punya sumber keuangan yang sangat besar sekali, tapi ternyata kita tidak bisa memanfaatkan," ujar Jokowi dalam pembukaan Rakornas kabinet Kerja bersama para gubernur seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/11/2014).
Jokowi mengatakan sumber kekayaan hutan dan minyak Indonesia telah dieksploitasi sebesar-besarnya oleh asing pada pemerintahan dulu. Oleh karena itu, kata Jokowi, perizinan investasi terkait minerba agar direm untuk bisa menghasilkan keuntungan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.
"Kita usahakan investasi dalam bentuk barang setengah jadi dan barang jadi, sehingga nilai tambah ada di negara kita," tegas Jokowi.
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyoroti soal perizinan di daerah. Dia berharap para gubernur terus melakukan reformasi birokrasi.
"Karena saya mantan wali kota dan gubernur sedikit-sedikit yang ada di kota dan kabupaten itu tahu," ujarnya.  [merdeka]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar