Rabu, 19 November 2014

Pesan Jokowi pada Ahok Jelang Pelantikan

Basuki Tjahaja Purnama dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta dalam beberapa jam ke depan. Pelaksana tugas Gubernur DKI itu akan dilantik langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di Istana Negara.
Rabu, 19 November 2014 pagi, Jokowi melalui akun Facebook miliknya mengutarakan pesan khusus untuk pria yang akrab disapa Ahok itu.
"Selamat untuk Pak Ahok, majukanlah Kota Jakarta di bawah kepemimpinan Anda," tulisnya, Rabu.
Jokowi juga menegaskan pelantikan Ahok akan dilakukannya sendiri. Dia menggunakan Perppu Nomor 1 tahun 2014 sebagai dasar untuk melantik mantan Bupati Belitung Timur itu.
Jakarta sendiri mempunyai nilai historis bagi Jokowi. Kota inilah yang menjadi sarana latihannya, sebelum maju dalam bursa pemilihan presiden. 15 Oktober 2012, Jokowi bersama Ahok dilantik menjadi pimpinan Ibu Kota.
Keduanya disebut-sebut sebagai pasangan kepala daerah yang kompak. Jokowi menjalankan fungsinya dengan lebih banyak di lapangan. Sementara Ahok 'berjaga' di Balai Kota DKI dan mengurusi sejumlah administrasi.
Keduanya juga dikenal tegas. Tidak ada kata ampun bagi pegawai yang nakal. Beberapa pejabat bahkan sudah dicopot dari jabatannya karena ditengarai 'bermain' dalam tugasnya. Sebut saja Udar Pristono yang dicopot dari posisinya sebagai Kepala Dinas Perhubungan. Udar dimutasi sebagai anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan hingga akhirnya dijebloskan penjara karena diduga korupsi dalam pengadaan bus TransJakarta.

Tak Ada Persiapan Khusus
Tidak ada persiapan khusus menjelang pelantikan Ahok menjadi DKI-1 di istana negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat. Beberapa staf Istana mulai mempersiapkan ruang utama Istana Negara tempat Presiden biasa melantik pejabat.
Staf menyiapkan 1 mikrofon yang diletakkan di depan ruangan besar. Mikrofon tersebut biasa digunakan untuk Presiden. Selang jarak 3-5 meter, ada 1 mikrofon yang biasa digunakan untuk pejabat yang dilantik Presiden.
Tidak ada kursi di ruang pelantikan tersebut. Kursi-kursi diletakkan di teras halaman Istana Negara. Kursi-kursi itu kemungkinan untuk tamu yang hadir.
Pelantikan Ahok akan berlangsung pada pukul 14.00 WIB. Jokowi baru saja menerima Menteri ESDM Sudirman Said dan Menteri BUMN Rini Soemarno. Rini sudah meninggalkan Istana terlebih dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar