Jumat, 20 Juni 2014

Survei Vox Populi: Prabowo Pecundangi Jokowi

Hasil riset lembaga survei Vox Populi menempatkan elektabilitas Calon Presiden nomor urut satu, Prabowo Subianto mengungguli tingkat keterpilihan Joko Widodo (Jokowi), yakni mencapai 52,79 persen.
"Riset ini menggunakan 5266 sampel dengan jumlah yang berhasil dianalisis adalah 4977. Dari responden yang tersebar di 402 kabupaten/kota secara proporsional, elektabilitas Jokowi hanya 37,7 persen," ujar Direktur Eksekutif Vox Populi Survey, Basynursyah, di Hotel Whiz, Cikini, Jakarta, Jumat (20/6/2014).
Dalam survey yang menyajikan pertanyaan tertutup ini, lembaga riset ini menyimpulkan bahwa tingginya elektabilitas Prabowo-Hatta disebabkan oleh tingkat kepercayaan akan mampunya pasangan Capres-cawapres tersebut memecahkan persoalan.
"Dari hasil analisis tersebut terdapat kepercayaan responden terhadap kemampuan Prabowo-Hatta menyelesaikan masalah seperti pengangguran, kesenjangan sosial, kedaulatan bangsa," ujar Basynursyah.
Sedangkan lanjut Basynursyah rendahnya tingkat elektabilitas Jokowi diakibatkan turunnya kepercayaan masyarakat, khususnya di wilayah DKI Jakarta.
"Jokowi dianggap tidak mampu menyelesaikan masalah kemacetan dan banjir di Jakarta. Pencitraan yang berlebihan di media massa seolah sirna dengan adanya kasus Busway Transjakarta," ujar Basynursyah.
Survei ini melibatkan sampel sebanyak 5226 dan yang berhasil dianalisis sebesar 4977. Survei menggunakan metode multistage random sampling yang dilakukan dari 3-15 Juni 2015. Tingkat margin eror survei ini sebesar 1,8 persen.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar