Kamis, 13 Februari 2014

Pembangunan Monorel di Jakarta Masih Jalan di Tempat

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan dua direktur PT Jakarta Monorail, yakni John Aryananda dan Sukmawati Syukur, di Balai Kota Jakarta, Kamis (13/2/2014).
Namun, Jokowi tidak menyebutkan secara rinci apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Menurut Jokowi, dari laporan PT Jakarta Monorail, terungkap bahwa belum ada perkembangan lebih lanjut mengenai pembangunan kereta rel tunggal itu.
Saat ini PT Jakarta Monorail masih melakukan pembaharuan perjanjian pembelian tiang-tiang pancang monorel. "Perjanjian pembaruan kerjasama dengan yang lama dan yang baru belum rampung. Itu saja," kata Jokowi.
Sementara itu, dua direktur PT Jakarta Monorail, John dan Sukmawati tampak tertunduk lesu ketika keluar dari ruangan kerja Jokowi. Keduanya enggan berkomentar saat ditanya perkembangan pembangunan monorel. "No comment. No comment," kata John sambil cepat-cepat masuk ke dalam mobilnya. Meski diberondong pertanyaan oleh awak media, John tetap memilih bungkam.
Seperti diketahui, peresmian pembangunan saranan transportasi massal itu sudah dilakukan sejak 16 Oktober 2013 lalu, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Namun hingga saat ini, belum ada tanda-tanda kelanjutan pembangunan.
Proyek monorel membutuhkan dana sekitar Rp17 triliun dengan panjang lintasan sejauh 30 km yang dibagi dua jalur yakni jalur hijau sepanjang 14,5 km dan jalur biru 15,5 km.
Jalur Hijau melayani Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi dan Jalur Biru melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy. Monorel ditargetkan perharinya bisa mengangkut minimal 270 ribu penumpang.

Sumber :
viva.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar