Rabu, 16 Oktober 2013

Ketika Dahlan Sibuk Berwacana, Jokowi Sudah Realisasikan Monorel dan MRT

Pembangunan sarana transportasi massal di Jakarta mulai dikebut. Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan pembangunan jalur MRT dan monorel di lintas Kuningan, Jakarta. Proyek monorel di kawasan lain juga digagas oleh perusahaan-perusahaan BUMN. Namun, sejauh ini masih belum terlihat realisasinya.
Menteri BUMN Dahlan Iskan menyebut pembangunan monorel yang digagas BUMN masih dalam proses pembahasan. Padahal sebelumnya Dahlan optimis monorel BUMN akan berdampingan dan bersinergi dengan monorel garapan PT Jakarta Monorail.
"Izin belum keluar, masih dibahas prosedurnya masih dibahas," kata Dahlan singkat di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu (16/10/2013).
Monorel garapan BUMN rencananya akan mempunyai rute dari Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, serta Cawang-Kuningan. Dalam rencananya, monorel garapan BUMN ini akan terhubung dengan monorail di Kuningan yang mengarah ke Sudirman. Namun, rencana Dahlan masih terhambat dan belum bisa direalisasikan hingga saat ini.
Sebelumnya, PT Adhi Karya sebagai pimpinan konsorsium pembangunan monorel Jakarta membanggakan keunggulan transportasi massal hasil karya perusahaan-perusahaan BUMN di depan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu yang lalu.
Salah satu keunggulannya adalah daya angkut yang sangat besar. Beberapa waktu lalu, Direktur Utama Adhi Karya Kiswodarmawan menyebutkan, monorel ini bisa mengangkut 30.000 penumpang.
Sejalan dengan itu, pihaknya juga meyakini kehadiran monorel bisa mengurangi penggunaan mobil pribadi. Dengan berkurangnya penggunaan mobil pribadi, otomatis akan mengurangi penggunaan BBM hingga 573.000 liter per hari.
Keunggulan lain adalah dalam hal waktu tempuh. Dengan menggunakan monorel, jarak tempuh dari Bekasi Timur menuju Cawang hanya sekitar 24 menit. Sedangkan dari Cibubur menuju Cawang sekitar 18 menit dan dari Cawang ke Kuningan hanya 15 menit.
Dengan menawarkan waktu perjalanan yang singkat, diharapkan masyarakat memilih monorel ketimbang kendaraan pribadi sebagai alat transportasi.

Sumber :
merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar