Kamis, 24 Oktober 2013

Juara Umum Popnas, Atlet DKI Diberi Penghargaan Jokowi


Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan kepada para atlet pelajar dan pelatih di kontingen DKI Jakarta dalam Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII. Pekan olahraga itu sebelumnya digelar di DKI Jakarta.
Dalam kejuaraan itu, DKI Jakarta keluar sebagai juara umum. Jokowi mengaku bersyukur atas prestasi para pelajar di Jakarta. Bahkan, Jokowi berencana untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih dengan menguatkan pembinaan dini.
"Pembinaan sejak dini dilakukan mulai dari pelajar, nanti akan kelihatan pada level-level di atasnya. DKI tahun ini juara umum yang sebelumnya tidak, artinya pembinaan berjenjang untuk diikutkan dalam kompetisi sangat siap, cabang olahraga apapun, dari sejak dini dikompetisikan sehingga mereka terbiasa bersaing kompetisi," ujar Jokowi di Stadion Veledrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis, (24/10/2013).
Jokowi mengusulkan, kedepannya pembinaan olahraga di usia dini ingin difokuskan ke beberapa cabang olahraga yang memang dianggap paling berpotensi. Supaya kedepannya, para atlet pelajar Jakarta tidak hanya tingkat nasional namun juga bisa mengukir prestasi sampai level internasional.
"Semua cabang olahraga memang harusnya akan lebih baik fokus satu, dua atau tiga saja, tapi semua akan digarap kepala dinas untuk masuk ke level internasional. Nanti fokus, yg diperkirakan bisa naik ke sana (level internasional) dan mendapat emas," tegas dia.
Menurut dia, saat ini pemprov DKI telah melakukan upaya untuk mewujudkan hal-hal tersebut. Selain meningkatkan pembinaan di usia dini, Jokowi juga memberikan apresiasi seperti hadiah bagi para atlet berprestasi.
"Yang paling penting infrastruktur sudah cukup, pembinaan, budaya pelatih, dan pemberian hadiah seperti ini, supaya memotivasi mereka untuk berlatih di tingkat nasional maupun inter, yang paling penting itu," kata dia.
Sementara itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta Ratiyono mengatakan, setiap atlet yang meraih medali akan mendapatkan tunjangan prestasi berupa uang tunai yang jumlahnya sesuai dengan medali yang diraih. "Medali emas dapat uang sejumlah Rp 4,5 juta, medali perak Rp 3 juta dan perungggu Rp 2,5 juta. Kalau ada yang mendapat tiga emas dikalikan saja tiga. Karena ada satu atlet yang dapat tiga emas," kata dia.
Kontingen tuan rumah DKI Jakarta menyabet juara umum Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XII dengan perolehan sebanyak 154 medali yang terdiri dari 64 emas, 49 perak, dan 41 perunggu. Sedangkan untuk posisi dua direbut Jawa Timur dengan perolehan 43 emas, 45 perak, dan 47 perunggu, atau total 135 medali. Di posisi ketiga ditempati Jawa Barat dengan 29 emas, 26 perak, 53 perunggu atau total 108 medali.

Sumber :
- merdeka..com
- beritajakarta.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar