Rabu, 29 Oktober 2014

Ketika Sang Presiden Makan Nasi Kotak

Presiden Jokowi menepati janjinya mengunjungi korban erupsi Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Rabu 29 Oktober 2014. Kunjungan ini, kali kedua . Ketika Jokowi belum jadi presiden dia berjanji akan menyelesaikan masalah pengungsi bila terpilih dan dia akan kembali.
Pertama kali lakukan kunjungan kerja setelah jadi presiden 20 Oktober lalu ternyata yang dikunjungi adalah pengungsi Sinabung.
Ada yang tidak biasa yang dirasakan pengungsi. Jika ketika Presiden SBY ke sana beberapa waktu lalu seluruh persiapan dilakukan dengan matang,
Tempat menginap rombongan SBY dibuat sedemikian rupa, bahkan konon untuk kamar mandi saja harus menelan biaya banyak. Tidak demikian dengan Jokowi. Dia yang baru pertama kali nai pesawat kepresiden tidak membawa rombongan banyak, Menteri yang diajak hanya seorang yakni Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa . Yang ikut dalam pesawat itu justru wartawan.
Ketika tiba di tempat pengungsian, pantia dibuat kelimpungan. Banyak kegiatan yang dilakukan Jokowi tidak sesuai jadwal yang sudah disusun. Termasuk ketika dia meninggalkan rapat pemaparan  soal erupsi Sinabung.
Dia justru mendatangi korban pengungsian termasuk ke tempat yang seharunya terlarang karena masih berbahaya sebab hanya berjarak 2 km dari pusat erupsi. Perjalanan yang ditempuh juga tidak mudah karena harus memakan waktu sekitar 1 jam. Dia lalu berdialog dengan pengungsi dan memberi bantuan.
Semua keluhan pengungsi didengar dengan sabar. Bahkan permintaan paku dan seng juga dilayani. Dia juga berjanji akan menuntaskan segera tempat relokasi  pengungsi yang sudah beretahun-tahun tidak kunjung beres.
Yang juga membuat pantia kelimpungan adalah ketika Jokowi dan istrinya Iriana tidak mau direpotkan dengan suguhan makanan ala pejabat. Bersama Mensos di   Posko Utama Pendopo, Kabupante Karo, Sumatera Utara, Presiden Jokowi dan istri dengan santainya makan nasi kotak. Diyakini nasi kotak tersebut tidak terlebih dahulu dites atau dicobai pengawal seperti selama ini dilakukan sebagai protap terhadap pengawalan presiden.
Tidak hanya Jokowi dan istri, Mensos Khofifah Indar Parawansa juga nampak begitu menikmati makanan tersebut di meja yang terlihat berantakan. Tidak ada buah, tidak ada tempat minum, hanya gelas berisi air mineral yang dituang dari botol plastik.  [Pos Kota]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar