Rabu, 29 Oktober 2014

Jokowi Menuju Karo

Dengan menggunakan kemeja putih, Presiden Joko Widodo beserta istri dan sejumlah menteri Kabinet Kerja, mengunjungi pengungsi erupsi Gunung Sinabung, Rabu, 29 Oktober 2014. Rombongan Jokowi tiba di Landasan Udara Soewondo di Medan, Sumatera Utara menggunakan pesawat kepresidenan sekitar pukul 09.15 WIB.
Presiden Jokowi dan rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dan sejumlah unsur Muspida lainnya.
Setelah beristirahat sekitar 10 menit, Jokowi dan rombongan langsung menuju Kabupaten Karo, untuk mengunjungi pengungsi erupsi Gunung Sinabung.
Kedatangan Jokowi langsung disambut oleh ratusan warga. "Ya tidak apa-apa bang nunggu dari pagi, yang penting lihat Bapak Presiden" kata Rini salah seorang warga.
Saat ini jumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung sebanyak 3.284 orang, yang ditampung di 12 titik pengungsian. Dalam sebulan terakhir, aktifitas vulkanik Gunung Sinabung meningkat tajam, ditandai dengan seringnya erupsi yang menyemburkan debu vulkanik yang disertai dengan luncuran awan panas. 


Demo di Medan Sambu Jokowi
Puluhan petani yang tergabung dalam Komiter Revolusi Agraria Sumatera Utara, menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Eks Bandara Polonia, Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (29/10/2014).
Aksi unjuk rasa tersebut dilakukan untuk menagih secara langsung janji kampanye Jokowi terkait persoalan petani, di tengah kunjungan kerja Jokowi ke lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada hari ini.
Kordinator aksi R. Sipayung mengatakan, ada 17 poin janji Jokowi yang akan mereka tagih. Diantaranya terkait realisasi sembilan juta hektare lahan untuk petani, pengusutan dan pengadilan pelaku pelanggaran HAM pada konflik agraria, pengembalian tanah rakyat yang dirampas perkebunan serta persoalan kesejahteraan petani lainnya.
"Janji-janji Jokowi pada masa kampanye lalu, adalah satu lah yang harus direalisasikan. Khususnya distribusi 9 juta hektare lahan terhadap petani,"ujarnya.
 Sebelumnya, Jokowi akan melakukan kunjungan pertamanya sebagai presiden ke lokasi pengungsian korban Gunung Sinabung hari ini. Jokowi datang ke Medan dengan menggunakan pesawat kepresidenan dan kemudian melanjutkan perjalananya dengan menggunakan jalaur darat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar