Rabu, 29 Oktober 2014

4 Instruksi Jokowi untuk Sinabung. Digubris?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan lapangan untuk mengetahui lebih detail masalah penanganan erupsi Gunung Sinabung ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara pada Rabu 29 Oktober 2014.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Bada Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan ada empat arahan Presiden untuk selesaikan masalah pengungsi Gunung Sinabung.
Pertama, Presiden memerintahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan segera mempercepat izin lahan relokasi seluas 450 hektare di Kacinambun Puncak 2.000 dan akses jalan menuju lokasi huntap sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter. Surat izin harus selesai dalam dua hari.
Kedua, Pemda Karo harus segera mempercepat pembangunan jalan menuju lokasi relokasi sepanjang 3,8 km dan lebar 12 meter dengan melibatkan pasukan Zeni TNI.
Ketiga, untuk mengantisipasi ancaman Erupsi Gunung Sinabung ke depan maka perlu disiapkan relokasi bagi empat desa dan 1 dusun untuk jangka panjang yaitu, Desa Guru Kinayan, Desa Berasitepu, Desa Gamber, Desa Kota Tunggal, dan Dusun Sibintun
Keempat, untuk jangka pendek disegerakan relokasi bagi Desa Bekerah, Simacem, Sukameriah.
"Saat ini pengungsi Sinabung 3.284 jiwa (1.018 KK) di 12 titik pengungsian. Presiden Jokowi memerintahkan agar mempercepat relokasi Sinabung,"ungkap Sutopo.  [okezone]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar