Minggu, 19 Oktober 2014

Ini Perasaan First Lady

Iriana, isteri presiden terpilih Joko Widodo, akan mengenakan kebaya khas Solo saat suaminya dilantik menjadi presiden Indonesia ketujuh, Senin (20/10) besok. Calon ibu negara ini mengatakan, kebaya itu bukan barang baru, melainkan koleksi lamanya.
"Yang masih bisa dipakai, ya dipakai. Pak Joko juga seperti itu," ujarnya di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta, di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu (19/10/2014).
Iriana mengaku tidak mempersiapkan penampilan secara khusus. Ia berkata, hal ini sama seperti Jokowi yang menggunakan sepatu lama layak pakai.
Kebaya itu, imbuh Iriana, dipesan dari seorang penjahit. Namun, ia enggan memberi tahu identitas penjahit itu. "Jahit di mana-mana kan bisa. Kalau pas di Solo, ya jahit di sana. Kalau sedang di Jakarta, ya dijahit di Jakarta," katanya sambil tersenyum.
Tak seperti ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, yang membeberkan warna kebaya yang akan dipakainya besok, Iriana enggan berbicara panjang lebar soal penampilannya.
Pun demikian saat ditanya tentang warna favoritnya. Iriana mengaku hanya menyukai pakaian berwarna menyala dan enak dipandang. "Supaya mudah terlihat," ujarnya.
Iriana yang akan menjadi Ibu Negara alias First Lady setelah Senin (20/10/2014) besok sang suami dilantik dan diambil sumpahnya sebagai presiden di gedung MPR/DPR. Seperti apa perasaan ibu dari satu putera dan dua puteri itu?
"Ya dijalani saja, tidak bisa diungkapkan menggunakan kata-kata," kata Iriana.
Dia merasa tidak ada yang berubah pada dirinya, baik saat Jokowi menjadi wali kota di Surakarta, gubernur di Jakarta, maupun saat nanti menjadi Presiden Indonesia. Hanya memang ada kalanya dia harus menyesuaikan penampilan dengan acara yang akan dihadiri.
"Tidak ada perubahan, ya sekarang harus menyesuaikan acara," kata Iriana yang hari ini tampil dengan blus bermodel kebaya warna hijau itu.
Iriana mengaku selama ini tidak memiliki pengarah busana. Untuk menghindari salah kostum dia pun sering bertanya kepada orang lain saat akan menghadiri sebuah acara. "Kalau (pakaian) lapangan ya pakai lapangan, resmi ya pakai resmi," kata dia.
Terkait persiapan pelantikan presiden besok, Iriana mengaku menyiapkan 3 jas untuk Jokowi. Di sendiri akan memakai kebaya Jawa.
"Tidak ada persiapan khusus. Anak-anak pakai batik, Pak Jokowi pakai jas, saya pakai pakaian Jawa. Yang masih bisa dipakai ya dipakai, sepatu yang bisa dipakai ya dipakai," kata Iriana.  [tribun]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar