Jumat, 13 Juni 2014

Jokowi Sekarang Adalah Pribadi yang Garang

Pengamat politik dari Universitas Indonesia Agung Suprio menyatakan sejatinya Prabowo telah mengubah penampilannya menjadi pribadi yang ramah, hal itu menurut dia terlihat dari bagaimana Prabowo mampu berbaur dengan masyarakat dalam setiap kampanyenya. "Dulu (Prabowo menunjukkan) ketegasan sekarang keramahan," kata Agung di Jakarta, Jumat (13/6/2014).
Sementara Jokowi menurut Agung, seakan mengubah penampilannya menjadi pribadi yang 'garang' karena juga 'menyerang' Prabowo dalam kampanye. Dalam kampanyenya di Tasikmalaya, Kamis (12/6/2014) kemarin, Jokowi menyebut ketegasan pemimpin ditentukan dari tindakan bukan diukur dari badan yang besar.
Meskipun tidak menyebut langsung siapa yang dimaksud berbadan besar itu namun spekulasi mengarah hal itu ditujukan ke lawan politiknya. "Perubahan perilaku lembut ke garang ini agak sulit diterima pemilih daripada dari tegas ke ramah," kata Agung.
Hal lain yang terlihat berubah adalah tradisi sungkem sudah tidak tamak lagi dilakukan Jokowi, padahal tradisi tersebut termasuk tata krama yang mungkin masuk dalam visi misi revolusi mental Jokowi. Mungkin kalau terus sungkem Jokowi malu karena dicap sebagai "capres boneka".  Sungguh sayang ...  [rol]

1 komentar:

  1. Lihat dulu Jokowi sungkem pada siapa? Ibunya, Bu Mega yg dianggap sbg kakaknya, kyai dan ulama, guru2nya, orang yg dianggap lbh tua dan berkepribadian bersih, mereka itulah yg "layak" bg Jokowi disungkemi. Tapi siapapun yg jahat (misal munafik) dan ketika sdh dibaiki oleh Jokowi tetapi tetap saja jahat maka Jokowi tdk lagi akan sungkem padanya. Emangnya kalau seseorang bertatakrama tidak boleh tegas dan menolak sungkem kpd orang yg munafik? Jangan membolak-balikan kalimat dg maksud membuat hilang substansinya dong! Jokowi tetap orang yg bertatakrama tapi itu tdk berlaku pd orang yg busuk. Bukankah sikap pilah-pilihnya Jokowi seperti itu hasil dari perbuatan mereka yg telah menunjukkan dirinya sbg orang2 busuk dan jahat kpd Jokowi dan rakyat?

    BalasHapus