Minggu, 22 Juni 2014

Jokowi Punya Relawan, Prabowo Punya Massa Bayaran

Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, AA Ari Dwipayana menila ada semangat kerelawanan luar biasa yang ditunjukkan para pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla. Pasalnya, relawan dan pendukung pasangan capres yang dikenal dengan sebutan Jokowi-JK itu bisa bergerak secara sukarela dan bahkan mau keluar duit untuk beraksi sebagai bentuk dukungan.
Kesan itu pula yang ditangkap Ari dari acara tarian flash mob yang dilakukan puluhan ribu pendukung Jokowi-JK saat acara car free day (hari bebas kendaraan bermotor) di ruas Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (22/6/2014). Ari meyakini para peserta flash mob itu belum tentu pemilih PDIP, partai yang menjadi tempat Jokowi berkiprah sebagai politisi.
"Kita lihat mereka datang dari berbagai wilayah dalam bentuk keswadayaan, datang untuk mendukung Jokowi-JK secara sukarela. Itu berbeda misalnya kalau (massa) dimobilisasi di suatu tempat dengan mengerahkan simpul massa dari suatu wilayah," kata Ari melalui layanan BlackBerry Messenger, Minggu (22/6/2014).
Menurut Ari, volunterisme rakyat itu biasanya muncul benar-benar murni karena figur. Mereka hadir bukan karena ingin menonton ikon lain seperti musisi atau artis di suatu acara kampanye.  “Saya lihat yang flash mob itu sebagai suatu bentuk kesukarelaaan yang didasarkan ada insiatif sendiri,” ulas Ari.
Ditambahkannya, kesukarelaan pendukung Jokowi itu mirip dukungan ke Megawati Soekarnoputri di awal-awal reformasi. Kala itu rakyat tanpa dikomando secara sukarela bergerak untuk Megawati yang menjadi simbol perlawanan terhadap Orde Baru.
Hal itu pula yang membedakan volunter pendukung Jokowi dengan mobilisasi massa bayaran. "Kesukarelaan ini adalah titik balik penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia. Rakyat membela sesuatu bukan karena dibayar, namun punya kesadaran dan keinginan memperjuangkan sesuatu," ulasnya.   [ara/jpnn]

2 komentar:

  1. tetapi kits sumpahpun tdk dibayar selalu ada aja tudingan kita dibayar, sayacetak kaos .aku kirim ke org yg saya kenal di batam,medan .riau .Jambi.
    aku tdk pernah terdaftar sebagai relawan tetapi dgn ,uang tenaga ,khususmnya .yakin bahwa jokowi adalah jawaban Dari doa rakyat Indonesia yg msh hidup skrg atau yg sdh almarhum yg tertindas krn penguasa otoriter.
    says msh sempat mengirim sedikit dana ke rekening jokowi jk, saya tdk sendiri jutaan ,puluhan juta dgn bentuk mgkn tdk sama tetapi punya keinginan yg sama pingin mersakan dipimpin org yg tulus ,jujur,bekerja keras.
    jokowi membangun dki tdk dgn pertumpahan darah,memindahkan rakyatnta ke rmh susun bkn dgn cara membakar,tetapi bicara lgsg dgn rakyatnya, ibu2 dianggapnya ibunya srndiri jelas dimata kita, baik hanya via tv tp jelas, saya pernah lihat gubernur seperti ini maka saya jokowi hadiah utk Indonesia atas kesabaran kita menghadapi pejabat yg korup,sombong ,angkuh.
    saya yakin puluhan juta rakyat Indonesia seperti pikiran saya ini.
    kehadiran sosok pemimpin seperti jokowi sdh lama kita nanti.
    saya tdk hanya pendukung pak jokowi tetapi kami pengikut jokowi
    mudah mudahan tgl 9 juli pilihan Tuhan sama dgn pilihan rakyat Indonesia
    salam damai ,revolusi mental kebutuhan kita versa a ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan s7 militan dari kudus kota kretek !!!

      Hapus