Kamis, 24 April 2014

Simalakama Duet Jokowi-JK

Kabarnya duet Jokowi-JK tinggal selangkah lagi ke Pilpres 2014. Seperti apa untung rugi duet Jokowi-JK?
Menurut pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, duet Jokowi-JK cukup menjanjikan. "Jokowi-JK pasangan yang berpotensi menangnya besar karena elektabilitas JK sebagai wapres tinggi dan dia punya basis suara di Indonesia timur. JK juga populer di kelas menengah," kata Qodari menyampaikan analisisnya kepada detikcom, Kamis (24/4/2014).
Jokowi dikenal sebagai sosok pekerja keras dan hobi blusukan. Sementara JK juga dikenal gerak cepat mengatasi persoalan. Keduanya adalah kombinasi serasi, namun ada kendala yang harus diwaspadai.
"Kendala JK bukan pada pemenangan tetapi pada saat memerintah. Ada kekhawatiran bahwa dia akan jadi Ketum Golkar jika terpilih jadi wapres sehingga bisa menyandera Jokowi dan PDIP. Mungkin ini bisa diatasi dengan cara JK membuat perjanjian tidak akan jadi ketum Golkar," katanya.
Namun secara umum tak ada rugikan PDIP menduetkan Jokowi-JK. Apalagi ada peluang dukungan tambahan dari PKB yang tentu saja semakin menguatkan pelung kemenangan duet Jokowi-JK.
"Pertanyaannya, berani tidak Jokowi dan PDIP mengambil risiko tinggi di masa depan dengan potensi JK sebagai matahari kembar?" pungkasnya.[detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar