Kamis, 24 April 2014

Dilibas Puan Maharani, Angel Lelga Gagal ke Senayan

Angel Lelga Anggreyani diperkirakan gagal menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat periode 2014-2019. Perempuan yang maju sebagai calon legislator dari Partai Persatuan Pembangunan itu gagal mendulang suara di daerah pemilihan Jawa Tengah V. Dapil ini meliputi, Sukoharjo, Surakarta, Boyolali dan Klaten.
"Mbak Angel tidak lolos," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang PPP Surakarta Arif Suhudi saat berbincang dengan detikcom, Rabu malam (23/4/2014).
Menurut Arif di dapil Jawa Tengah V, perolahan suara partai berlambang kabah itu untuk DPR RI cukup kecil.
Perolehan itu berbeda dengan suara untuk provinsi dan kota. Di Surakarta misalnya untuk suara DPR pusat, PPP hanya mendapat sekitar 6300 suara. Padahal untuk DPRD tingkat I PPP memperoleh 8000 suara, dan di DPRD Kota 12000. "Perolehan suara antara pusat, provinsi dengan kota njomplang," kata Arif.
Meski hanya numpang lahir dua pekan di Solo, bagi Angel Lelga Anggreyani wilayah ini sangat dekat di hatinya. Itu pula sebabnya ia tak ragu ‘bertarung’ di daerah pemilihan pemilihan V Jawa Tengah yang dikenal sebagai 'dapil neraka'.
Di dapil itu Angel Lelga 'bertarung' melawan Puan Maharani yang menjadi calon legislator nomor urut 1 dari PDI Perjuangan. Di nomor urut 2, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini memasang Aria Bima.
Pada pemilihan umum 2009 lalu, Partai Persatuan Pembangunan gagal menempatkan perwakilan dari dapil ini ke Senayan. Solo dan sekitarnya yang juga kampung Joko Widodo (Jokowi) dikenal sebagai basis Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
Menurut Arif, 8 kursi untuk DPR RI di Jawa Tengah V diraih PDI Perjuangan, Partai Golongan Karya, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Kebangkitan Bangsa.
PDI Perjuangan mendapatkan 3 kursi DPR RI. Dua di antaranya diraih oleh Puan Maharani dan Aria Bima.[detik]

1 komentar: