Direktur Eksekutif PoliticalWave.com, Yose Rizal mengatakan
berdasarkan hasil monitoring PoliticalWave.com selama bulan Maret 2014,
popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi)
masih sulit ditandingi oleh calon presiden (Capres) lainnya.
Share of awareness (tingkat) kepedulian terhadap Jokowi mencapai 57,1 persen.
"Jokowi merupakan capres dengan percakapan paling positif di media
sosial, terutama sejak pengumuman pencapresan Jokowi oleh PDI-P pada
tanggal 14 Maret 2014.
Bahkan bisa mendorong share of awareness PDI-P sampai 35 persen pada
minggu pengumuman Capres beberapa waktu lalu," kata Rizal dalam
konferensi pers mengenai 'Perang Digital Pemilu 2014: Suara Rakyat di
Media Sosial' di Jakarta, Rabu (2/4/2014).
Ia menjelaskan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menjadi partai
yang sangat aktif di media sosial, dimana di media sosial PKS menempati
posisi empat besar.
Sementara untuk konvensi Partai Demokrat menunjukkan persaingan ketat
antara tiga kandidat yaitu Dahlan Iskan, Gita Wiryawan dan Anies
Baswedan.
"Karena sudah semakin dekat dengan rencana pengumuman hasil konvensi,
kampanye mereka di media sosial pun semakin intens dengan sentimen
percakapan cukup positif. Walaupun tidak sepanas persaingan capres dan
partai, tercatat sekitar 39 persen dari 6.608 caleg yang memiliki akun
twitter dan memanfaatkannya untuk melakukan kampanye," ujarnya.
Hasil monitoring PoliticalWave.com juga menunjukkan partai yang
memiliki akun twitter terbanyak adalah Partai Nasdem, Golkar, Partai
Amanat Nasional (PAN) dan PDI-P.
"Terlihat bahwa para calon wakil rakyat masih belum optimal dalam
memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan
konstituennya," tegasnya.
Sumber :
beritasatu.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar