Rabu, 02 April 2014

Jokowi Unggul di Media Sosial

Direktur Eksekutif PoliticalWave.com, Yose Rizal mengatakan berdasarkan hasil monitoring PoliticalWave.com selama bulan Maret 2014, popularitas dan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) masih sulit ditandingi oleh calon presiden (Capres) lainnya.
Share of awareness (tingkat) kepedulian terhadap Jokowi mencapai 57,1 persen.
"Jokowi merupakan capres dengan percakapan paling positif di media sosial, terutama sejak pengumuman pencapresan Jokowi oleh PDI-P pada tanggal 14 Maret 2014.
Bahkan bisa mendorong share of awareness PDI-P sampai 35 persen pada minggu pengumuman Capres beberapa waktu lalu," kata Rizal dalam konferensi pers mengenai 'Perang Digital Pemilu 2014: Suara Rakyat di Media Sosial' di Jakarta, Rabu (2/4/2014).
Ia menjelaskan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga menjadi partai yang sangat aktif di media sosial, dimana di media sosial PKS menempati posisi empat besar.
Sementara untuk konvensi Partai Demokrat menunjukkan persaingan ketat antara tiga kandidat yaitu Dahlan Iskan, Gita Wiryawan dan Anies Baswedan.
"Karena sudah semakin dekat dengan rencana pengumuman hasil konvensi, kampanye mereka di media sosial pun semakin intens dengan sentimen percakapan cukup positif. Walaupun tidak sepanas persaingan capres dan partai, tercatat sekitar 39 persen dari 6.608 caleg yang memiliki akun twitter dan memanfaatkannya untuk melakukan kampanye," ujarnya.
Hasil monitoring PoliticalWave.com juga menunjukkan partai yang memiliki akun twitter terbanyak adalah Partai Nasdem, Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan PDI-P.
"Terlihat bahwa para calon wakil rakyat masih belum optimal dalam memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan konstituennya," tegasnya.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar