Selasa, 04 Maret 2014

Pengamat CSIS: Pencalonan Jokowi Tinggal Menanti Waktu

Pengamat Politik dari CSIS, Jeffrie Geovanie, meyakini bahwa Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) pada akhirnya akan ditetapkan sebagai calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan.
Menurut Jeffrie, hal itu bisa terjadi karena PDI Perjuangan dipimpin oleh seorang ketua umum yang paling matang dan paling senior di negeri ini, Megawati Soekarnoputri.
"Megawati telah melalui pengalaman yang manis dan pahit, sejak era Orde Baru sampai kini," kata Jeffrie di Jakarta, Selasa (4/3/2014).
Namun Jeffrie tak mau berspekulasi soal kapan waktu pendeklarasian pencapresan itu.
Yang pasti, menurutnya, justru karena kematangan Megawati dalam memimpin, membuat PDI Perjuangan berhasil keluar dari proses penurunan suara partai. Dan kini, PDIP malah mampu berbalik meningkatkan kembali suaranya. Bahkan, berpotensi memenangkan pemilu legislatif 2014 dengan perolehan yang bahkan lebih tinggi dari perolehan pemilu 1999.
Dia melanjutkan, siapa pun saat ini sulit menyangkal bahwa PDI Perjuangan adalah partai dengan stok politisi muda potensial terbanyak dibanding partai-partai lain. Ada sosok seperti Jokowi, Tri Rismaharini, Puan Maharani, Ganjar, Maruarar, Helmy Fauzi, Arif Budimanta, Arya Bima, Budiman Sudjatmiko, Utut Adianto dan banyak nama-nama lainnya.
"Itu hasil tangan dingin Ibu Megawati," imbuhnya.
Karena itu, justru yang menarik saat ini adalah menebak siapa yang akan menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi.
"Kalau saya boleh menggunakan intuisi saja maka figur cawapres tersebut adalah tetap Ahok atau yang memiliki kriteria seperti Ahok," kata Jeffrie menebak.

Sumber :
beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar